Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WVI dan Sun Life Gandeng Kemendikbud Gulirkan Program BOKS

Sebanyak 144 sekolah dasar, 85 komunitas luar sekolah, dan lebih dari 40.940 peserta didik, merasakan manfaat dari program BOKS.
Wahana Visi Indonesia (WVI) dengan dukungan Sun Life Indonesia berkolaborasi bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Gerakan Sekolah Sehat (GSS) dalam menumbuhkan kesadaran agar anak-anak memiliki kebiasaan hidup sehat sejak dini/Istimewa
Wahana Visi Indonesia (WVI) dengan dukungan Sun Life Indonesia berkolaborasi bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Gerakan Sekolah Sehat (GSS) dalam menumbuhkan kesadaran agar anak-anak memiliki kebiasaan hidup sehat sejak dini/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA– Wahana Visi Indonesia (WVI) dengan dukungan Sun Life Indonesia berkolaborasi bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Gerakan Sekolah Sehat (GSS) dalam menumbuhkan kesadaran agar anak-anak memiliki kebiasaan hidup sehat sejak dini. 

Melalui Program BOKS (Build Our Kids’ Success/Membangun Kesuksesan Anak Indonesia) di wilayah DKI Jakarta dan Provinsi NTT, kebiasaan ini menjadi komitmen jangka panjang peserta didik untuk hidup sehat, aman, bugar, serta berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. 

Sebanyak 144 sekolah dasar, 85 komunitas luar sekolah, dan lebih dari 40.940 peserta didik, termasuk di antaranya 380 siswa difabel, merasakan manfaat dari program BOKS. Program ini komprehensif karena melibatkan seluruh pihak di sekolah, bukan hanya peserta didik. Tujuannya adalah membangun kebiasaan siswa SD berkegiatan fisik melalui lingkungan belajar dan bermain yang aman dan suportif. 

Program BOKS telah dijalankan WVI sejak tahun 2022. WVI sendiri adalah salah satu mitra yang menandatangani perjanjian kerja sama dengan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (PDM) 11 Gerakan Sekolah Sehat Kemendikbudristek pada November 2023 untuk mendukung peningkatan gizi anak usia sekolah.

Bagi Kemendikbudristek, Program BOKS merupakan praktik baik yang dapat menjadi referensi bagi satuan pendidikan lainnya di Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan Wahana Visi Indonesia, terutama Program BOKS. Program BOKS merupakan praktik baik yang dapat menjadi referensi bagi satuan pendidikan lainnya di Indonesia. Program ini relevan dengan kegiatan Sehat Fisik dan Sehat Gizi. tidak hanya insidental tapi membangun pembiasaan-pembiasaan baik dan pendampingan meningkatkan kapasitas sekolah dalam mengimplementasi Gerakan Sekolah Sehat (GSS) dimana ekosistem dan sumber daya di sekolah dioptimalkan,” ujar Iwan Syahril, Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek, Selasa (13/8/2024).

Misalnya, menurut Iwan, program BOKS mendorong adanya kebun gizi yang hasilnya digunakan sebagai sumber asupan makanan tambahan yang bergizi bagi murid. Orang tua dan komunitas sekitar sekolah juga dilibatkan untuk memberikan makanan tambahan dengan memanfaatkan bahan pangan lokal.

Yacobus Runtuwene, Technical Sectors Director WVI menjelaskan, “WVI sangat bersyukur, selama 3 tahun program, banyak mitra yang memiliki visi yang sama seperti kami, yaitu untuk anak-anak hidup utuh sepenuhnya. Kemitraan di tingkat pusat yang berkesinambungan dengan kemitraan di tingkat provinsi dan kabupaten lewat Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Anak dan Perempuan, Dinas Kesehatan dan BPMP, membuat BOKS mudah diterima di berbagai satuan pendidikan dan komunitas masyarakat.”

Yacobus menambahkan, kolaborasi juga dilakuan dengan Perguruan Tinggi, komunitas secara lembaga, serta individu (akademisi dan praktisi) dalam mengembangkan modul BOKS. Hal ini membuat program BOKS menjadi lebih kontekstual dan mudah dipahami oleh siapapun yang akan menjalankannya.

Dalam kegiatan berbagi praktik baik yang dilaksanakan di gedung Kemendikbudristek, para peserta berbagi pengalaman dan strategi yang terbukti efektif dalam mendorong anak-anak lebih aktif secara fisik. Acara ini juga menjadi momen untuk merayakan pencapaian yang telah diraih selama program berlangsung. Tercatat 96% peningkatan signifikan dalam partisipasi anak-anak dalam kegiatan fisik, serta peningkatan kesadaran orang tua dan guru tentang pentingnya mendukung anak-anak untuk tetap aktif.

“Kami bangga dan berharap kebiasaan baik yang telah dibangun selama program ini akan terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi kesehatan dan perkembangan anak-anak. Sun Life Indonesia akan terus berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis untuk menghadirkan program yang inovatif sebagai bentuk komitmen kami membantu jutaan keluarga Indonesia menjalani hidup yang lebih sehat dan mewujudkan generasi Indonesia bebas diabetes. Kami berharap program yang dihasilkan kedepannya dapat memberikan manfaat bagi lebih banyak masyarakat di Indonesia,” kata Kaiser Simanungkalit, VP Branding, Communications & Client Experience Sun Life Indonesia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper