Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang 17 Agustus, Menteri PUPR Basuki Siapkan Kantor hingga Ruang Tidur Jokowi

Presiden Jokowi sempat menyampaikan kegelisahannya saat bermalam di kantor barunya di IKN pada 29 Juli 2024.
Presiden Joko Widodo meninjau Viewing Deck Kantor Presiden di kawasan Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur pada Senin (29/7/2024). / Bisnis-Akbar Evandio
Presiden Joko Widodo meninjau Viewing Deck Kantor Presiden di kawasan Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur pada Senin (29/7/2024). / Bisnis-Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Basuki Hadimuljono memastikan kesiapan sarana dan prasarana di IKN jelang pelaksanaan HUT RI ke-79 di pada 17 Agustus 2024.

Basuki menegaskan, kantor presiden atau Istana Garuda hingga Istana Presiden saat ini telah terdistribusi air minum hingga listrik.

“Untuk istana garuda sudah siap, ruangan untuk sidang kabinet sudah siap, listrik dan air [sudah siap],” jelas Basuki saat ditemui di Taman Ismail Marzuki, Kamis (8/8/2024).

Pada saat yang sama, Basuki menjelaskan bahwa sejumlah mebeleur untuk Istana Presiden juga akan mulai dipasang.

Dengan demikian, Basuki memastikan nantinya Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah bisa tidur nyenyak di IKN.

Air conditioner (AC) sudah siap, termasuk ruang tidur beliau [Presiden Jokowi]. Mudah-mudahan jadi nyenyak [tidurnya[. Kemudian, istana negara juga sudah siap hanya beberapa furnitur yang baru datang hari ini besok akan dipasang,” tambah Basuki.

Untuk diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi memang sempat menyampaikan kegelisahannya saat bermalam di kantor barunya di IKN pada 29 Juli 2024.

“Enggak nyenyak saya harus ngomong apa adanya. Ya mungkin karena ini kan yang pertama kali ya, saya masih belum nyenyak,” ujarnya sambil tertawa kepada wartawan di lobby utama Kantor Presiden, Istana Kepresidenan IKN, Senin (29/7/2024).

Sementara itu, hingga saat ini progres Istana Presiden di IKN dilaporkan telah mencapai 92,3%.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga menjelaskan saat ini pembangunan masih terus dijalankan. Bahkan, sejumlah infrastruktur penunjang seperti Gedung Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) di IKN juga akan difungsionalkan pada 17 Agustus 2024. 

"Pendukung fungsi kepresidenan dan Setneg nanti pada 17 [Agustus 202] beberapa lantai di bawah Kemensetneg bisa dimanfaatkan," jelasnya dalam Konferensi Pers di IKN, Rabu (7/8/2024).

Adapun, dalam paparan yang dibagikannya tampak progres gedung Kemensetneg saat ini telah mencapai 86,6%. 

Sementara itu, sejumlah sarana prasarana penunjang seperti Gedung Kementerian Koordinator (Kemenko) juga akan difungsionalkan beberapa lantai pada 17 Agustus 2024 untuk mendukung suksesi seremoni Upacara HUT RI di IKN. 

Perinciannya, saat ini progres Kemenko 1 mencapai 85,1%, Kemenko 2 mencapai 49,2%, Kemenko 3 mencapai 88,4% dan Kemenko 4 mencapai 91,8%. Terakhir, Danis menegaskan sumbu kebangsaan yang menjadi lokasi upacara IKN dilaporkan telah mencapai 100%.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper