Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berkantor di IKN, Ini Agenda Jokowi Selama 3 Hari di Istana Garuda

Presiden Jokowi bermalam di Istana Garuda IKN sejak Minggu (28/7/2024) hingga Selasa (30/7/2024).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan Hotel Nusantara di IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Selasa, 30 Juli 2024. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan Hotel Nusantara di IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Selasa, 30 Juli 2024. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr.

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi bertolak kembali menuju Jakarta usai melakukan kegiatan kunjungan kerja (kunker) selama tiga hari di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Selasa (30/7/2024).

Kepala Negara dan rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan. 

Orang nomor satu di Indonesia itu mengakhiri kegiatan berkantor di Nusantara dengan mengunggah foto-foto ruang kerja dan kamar tidurnya yang berada di Istana Garuda melalui akun media sosial instagram resminya, @jokowi.

Menurut pantauan bisnis, terdapat tiga foto yang diunggah oleh Presiden Ke-7 RI itu. Foto pertama memperlihatkan Jokowi yang tengah bekerja di ruang kerja yang didominasi nuansa lembut dengan interior dinding berlapis kayu dan lantai marmer berwarna hitam abu-abu.

Menilik meja kerja Jokowi, terlihat aksen kayu berpelitur hitam dan dipasangi kain tenun. Di atas meja terlihat ada secangkir minuman dan tampak kotak tisu beserta kotak alat tulis untuk menunjang kegiatan kerja Presiden.

Pada foto kedua, Jokowi tampak duduk di atas tempat tidur bersprei putih dengan dua buah bantal dan dua buah guling dengan warna senada. Berlanjut ke foto ketiga, Jokowi terlihat sedang duduk di atas kursi di kamar tidurnya.

"Mengawali hari di kantor IKN dengan energi, pola pikir dan semangat baru. Langkah awal yang memberikan harapan dan peluang baru untuk masa depan Indonesia yang jauh lebih baik," tulis Jokowi.

Untuk diketahui, Jokowi bermalam di Istana Garuda IKN sejak Minggu (28/7/2024) hingga Selasa (30/7/2024). Terdapat kelakar menarik saat dirinya menginap di calon pusat kota Indonesia itu.

Presiden asal Surakarta itu mengaku dirinya belum bisa tertidur nyenyak di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Baru semalam dia dan istrinya, Iriana Jokowi, bermalam langsung di istana ibu kota baru.

"Tadi malam saya tidur di sini. Enggak nyenyak, saya ngomong apa adanya," ujarnya saat berbincang dengan wartawan di Istana Garuda, Nusantara, Senin (29/7/2024).

Jokowi tak mengatakan dirinya tak bisa tidur karena kurangnya fasilitas di IKN, orang nomor satu di Indonesia itu hanya mengatakan bahwa dirinya belum merasa terbiasa saja dengan kondisi IKN sehingga belum bisa tertidur nyenyak di Istana Garuda.

"Ya mungkin karena ini pertama kali aja, masih belum apa ya, masih belum nyenyak," sebut Jokowi.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan ada kemungkinan mantan Wali Kota Solo itu tak bisa tidur nyenyak karena pendingin ruangan alias air conditioner (AC) yang bermasalah.

"Iya, karena AC-nya. Karena sealernya belum terisi air atau bagaimana. Ini open aja kan karena AC-nya, tetapidi ruangan lain dingin. Padahal kemaren sudah tumpengan, sudah doa bersama,” jawab Basuki spontan ketika ditanya awak media mengapa Jokowi tak bisa tidur nyenyak.

Di sisi lain, selama di Istana Garuda Jokowi melakoni sejumlah agenda mulai dari mengajak awak media untuk meninjau sejumlah ruangan yang ada di kawasan Istana Kepresidenan, termasuk Kantor Presiden.

Lalu, melakukan pertemuan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono beserta para jajaran OIKN dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Kepala Negara juga menerima Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kalimantan.

Esok harinya, Selasa (30/7/2024), Jokowi menerima perwakilan Kamar Dagang dan Industri Indonesia Daerah (Kadinda) serta pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dari sejumlah daerah di sekitar IKN.

Jokowi juga melakukan peninjauan Hotel Nusantara untuk melihat secara langsung sejumlah fasilitas yang ada di hotel tersebut, mulai dari lobi, tempat makan, hingga kamar tidur.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper