Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesawat Bawa Wakil Presiden Malawi Hilang Kontak, Pencarian Terus Dilakukan

Peesawat militer yang membawa Wakil Presiden Malawi Saulos Chilima dan sembilan orang lainnya hilang kontak pada Senin (10/6/2024).
Wakil Presiden Malawi Saulos Klaus Chilima./Reuters
Wakil Presiden Malawi Saulos Klaus Chilima./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -  Pesawat militer yang membawa Wakil Presiden Malawi Saulos Klaus Chilima dan sembilan orang lainnya hilang kontak pada Senin (10/6/2024). Operasi pencarian dan penyelamatan akan terus berlanjut sampai pesawat ditemukan.

Kantor Presiden dan Kabinet Malawi menyatakan Chilima (51) berada di dalam pesawat militer bersama sembilan orang lainnya yang meninggalkan Ibu Kota Lilongwe pada pukul 09:17 pagi waktu setempat.

Melansir Reuters, upaya-upaya yang dilakukan oleh otoritas penerbangan untuk melakukan kontak dengan pesawat tersebut sejak hilang dari radar mengalami kegagalan. Pesawat tersebut dijadwalkan mendarat di Bandara Mzuzu pada pukul 10:02 pagi.

Dalam pidatonya, Presiden Lazarus Chakwera mengatakan pesawat tidak dapat mendarat di bandara karena jarak pandang yang buruk dan diperintahkan untuk kembali ke ibu kota,.

"Saya berpegang pada setiap serat harapan bahwa kita akan menemukan korban yang selamat," katanya

Chakwera mengatakan bahwa area pencarian dikonsentrasikan di sekitar radius 10 km di cagar alam.

"Saya telah memberikan perintah tegas bahwa operasi ini harus dilanjutkan sampai pesawat ditemukan,” lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa Malawi telah menghubungi negara-negara tetangga, serta pemerintah AS, Inggris, Norwegia, dan Israel untuk meminta dukungan dalam upaya penyelamatan.

Chilima, yang dipandang sebagai kandidat potensial dalam pemilihan presiden tahun depan, ditangkap pada tahun 2022 atas tuduhan korupsi.

Namun, pengadilan Malawi membatalkan tuduhan korupsi terhadapnya bulan lalu setelah direktur penuntutan umum mengajukan pemberitahuan agar kasus tersebut dihentikan. Chilima membantah melakukan kesalahan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper