Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jemaah Haji Indonesia Doyan Belanja, 20 Ton Oleh-oleh Sudah Mendarat di Jakarta

PT Pos Indonesia menyatakan sebanyak hampir 20 ton oleh-oleh jemaah haji Indonesia sudah tiba di Jakarta.
Jamaah calon haji Indonesia tiba di Makkah
Jamaah calon haji Indonesia tiba di Hotel Al-Wahdah Tower Al Mutamayiz, Makkah, Arab Saudi, Senin (20/5/2024) malam. Kementerian Agama menyatakan sebanyak 3.425 jamaah calon haji Indonesia yang tergabung dalam 8 kelompok terbang (kloter) pertama telah tiba di Makkah dari Madinah dengan menggunakan bus pada 20 Mei 2024. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Jamaah calon haji Indonesia tiba di Makkah Jamaah calon haji Indonesia tiba di Hotel Al-Wahdah Tower Al Mutamayiz, Makkah, Arab Saudi, Senin (20/5/2024) malam. Kementerian Agama menyatakan sebanyak 3.425 jamaah calon haji Indonesia yang tergabung dalam 8 kelompok terbang (kloter) pertama telah tiba di Makkah dari Madinah dengan menggunakan bus pada 20 Mei 2024. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pos Indonesia menyatakan sebanyak hampir 20 ton oleh-oleh jemaah haji Indonesia sudah tiba di Jakarta. 

Direktur Utama PT Pos Indonesia, Faizal R Djoemadi mengatakan bahwa layanan kargo haji bagi jemaah Indonesia dilakukan berkoordinasi dengan bea cukai. Menurutnya, jemaah haji Indonesia dikenal paling suka berbelanja.

"Alhamdulillahnya kami mendapatkan respons yang baik per hari ini insyaAllah sudah hampir 20 ton oleh-oleh dari para jemaah haji Indonesia yang dikirim ke Indonesia dan sampai di Jakarta, mudah-mudahan sampai akhir dari perjalanan haji nanti kita targetkan sekitar 1.000 ton kargo haji yang dikirimkan para jemaah karena memang jemaah haji Indonesia paling suka belanja," ujarnya saat teken nota kesepahaman di Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Lebih lanjut, Faizal mengatakan bahwa layanan kargo haji bagi jemaah Indonesia dilakukan berkoordinasi dengan bea cukai. Selain itu, pihaknya juga telah mengirim 25 petugas ke Saudi Arabia untuk mendukung upaya tersebut, 

"Kami sudah mengirimkan petugas untuk mengirimkan kargo haji. Baru tahun ini, biasanya kami nunggu di Indonesia kargo haji, tapi kali ini kita proaktif mengirimkan 25 petugas ke Saudi Arabia untuk menyediakan layanan kargo haji, tentu saja bekerja sama dengan bea cukai," katanya. 

Dia mengatakan bahwa kordinasi dilakukan sehingga barang yang dikirimkan dari Arab Saudi sudah mendarat di Indonesia sebelum jemaahnya tiba di Tanah Air. 

"Alhamdulillah para jemaah baru saja, angkatan kloter pertama mendarat di Madinah, hari kedua sudah dikirimkan barangnya [sehingga] sudah sampai di Indonesia sebelum jemaahnya pulang," ucapnya. 

Seperti diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) RI menyatakan bahwa jemaah haji Indonesia yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 162.961 orang yang terbagi dalam 415 kelompok terbang (kloter), hingga hari ke-23 penyelenggaraan ibadah haji 2024.

Jumlah tersebut berdasarkan laporan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, hingga Minggu, 2 Juni 2024 Pukul 21.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau Senin, 3 Juni 2024 Pukul 01.00 Waktu Indonesia Barat (WIB). 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper