Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WWF 2024 Bali, Parlemen 49 Negara Sepakati Empat Komitmen Keadilan Air

Ada empat poin kesepakatan dalam pertemuan parlemen dari 49 negara dalam World Water Forum (WWF) 2024 di Bali.
World Water Forum 2024 di Bali yang berlangsung 18-25 Mei 2024.
World Water Forum 2024 di Bali yang berlangsung 18-25 Mei 2024.

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota Biro Inter-Parliamentary Union (IPU) untuk Pembangunan Keberlanjutan, Putu Supadma Rudana, mengungkapkan setidaknya ada empat poin kesepakatan dalam pertemuan parlemen dari 49 negara dalam World Water Forum Bali 2024 (WWF) ke-10 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) pada Selasa (21/5/2024).

Putu menjelaskan, selama dua hari terakhir anggota parlemen dari 49 negara berkumpul di Nusa Dua, Bali untuk perkuat kerja sama dalam untuk pengelolaan air demi kesejahteraan bersama. Apalagi, menurutnya, WWF ke-10 di Bali ini merupakan forum parlemen global pertama yang bahas isu air dan signifikansinya bagi keamanan dan kesejahteraan global.

"Pertemuan parlemen dalam rangka Forum Air Dunia ke-10 menandakan komitmen parlemen untuk mengatasi permasalahan terkait air dan sanitasi melalui kemauan politik dan tindakan,” kata Putu di Nusa Dua Bali, dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa (21/5/2024).

Beberapa poin penting menjadi sorotan dalam WWF 2024 ke-10 di Bali.

Pertama, memastikan air sebagai salah satu agenda utama parlemen dan mendorong dialog parlemen di tingkat regional dan internasional terkait itu.

Kedua, pentingnya perspektif komunitas dan populasi lokal dalam upaya global pastikan keadilan dan keamanan air. Sejalan, setiap langkah yang diambil komunitas global harus disesuaikan dengan kebutuhan lokal dan mempertimbangkan pengetahuan tradisional.

Ketiga, pentingnya pengelolaan air berkelanjutan untuk membangun ketahanan masyarakat dan ekosistem serta mendukung adaptasi perubahan iklim agar sejalan dengan komitmen internasional.

Keempat, karena tantangan terkait air melampaui batas negara maka ditekankan kebutuhan akan peningkatan diplomasi dalam mengelola sumber daya air hingga berbagi pengetahuan untuk wujudkan ketahanan air.

“Oleh karena itu, tugas kita sebagai parlemen dan anggota parlemen memprioritaskan tindakan terhadap air guna mewujudkan komitmen yang tertuang dalam SDG’s 2030, dan visi dunia yang adil dan sejahtera saat ini dan untuk generasi mendatang,” jelas Puru.

Wakil Ketua BKSAP DPR RI ini menjelaskan, empat poin kesimpulan pertemuan World Water Forum ke-10 ini akan dibawa ke Dewan Pengurus IPU pada Sidang IPU ke-149 mendatang. Dengan demikian, lanjutnya, anggota parlemen dunia akan mengambil bagian dalam memajukan kerja sama dan kolaborasi bidang air.

Untuk Indonesia, Putu mengusulkan perlu adanya Omnibus Law tentang air. Oleh sebab itu, lanjutnya, telah dibentuk Kaukus Air DPR untuk akselerasi perwujudan Omnibus Law tentang air itu 

Lebih lanjut, dia mengaku pertemuan parlemen dunia untuk bahas terkait air ini bisa terwujud karena diminta langsung oleh Presiden World Water Council Loic Fauchon. Putu bertemu dengan Loic Fauchon di DPR pada Oktober 2023, yang memintanya agar bisa jembatan ke Inter-Parliamentary Union.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper