Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Partai Komunis China Beri Selamat ke Airlangga Atas Sukses Golkar di Pemilu 2024

Partai Komunis China (PKC) memberi selamat kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto atas pencapaian partainya dalam Pemilu 2024.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Bisnis/Arief Hermawan P
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA -- Partai Komunis China (PKC) memberi selamat kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto atas pencapaian partainya dalam Pemilu 2024 lalu.

Ucapan itu disampaikan saat Airlangga menyambut Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Selasa kemarin.

"Dalam pertemuan ini Duta Besar RRT menyerahkan surat dari pimpinan Partai Komunis China (PKC) tentang ucapan selamat atas pencapaian Partai Golkar dalam Pemilu 2024 yang lalu," demikian dikutip dari siaran resmi Kemenko Perekonomian, Kamis (16/5/2024).

Sekadar informasi, hasil Pemilu 2024 saat ini masih menjadi sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK). Namun demikian berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum, Golkar menjadi salah satu partai yang kemungkinan akan menduduki posisi runner up di DPR.

Adapun dalam pertemuan itu, Dubes Lu Kang berpamitan ke Airlangga karena tugasnya di Indonesia segera berakhir. 

China merupakan salah satu mitra dagang utama bagi Indonesia dimana total nilai perdagangan RI-RRT tahun 2023 sebesar USD127,8 miliar. 

Neraca perdagangan kedua negara tahun 2023 telah menunjukkan keseimbangan dimana Indonesia mengalami surplus untuk pertama kalinya. 

Pada tahun 2023, China juga merupakan investor terbesar kedua setelah Singapura dengan jumlah investasi sebesar USD7,4 miliar. Nilai tersebut menurun sekitar 9,7% dari USD8,2 miliar dolar pada tahun 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga menyampaikan bahwa akan menjajaki untuk dilakukan kerja sama pembangunan R & D Center antara UGM dengan CNGR Co.Ltd.

Perusahaan CNGR merupakan perusahaan yang berbasis di Guangxi, China dan memiliki teknologi baru dan mutakhir di bidang pengolahan nikel. Perusahaan ini juga telah melakukan investasi dalam pengolahan dan produksi nikel di Morowali, Sulawesi Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper