Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Masjid Tertua di Indonesia, Ada Masjid Baiturrahman dan Demak

Ada lima masjid tertua di Tanah Air yakni Masjid Raya Baiturrahman, Masjid Sekayu, Masjid Wapauwe, Masjid Agung Demak dan Masjid Ampel.
Masjid Baiturrahman di Banda Aceh/Islamic-center.or.id
Masjid Baiturrahman di Banda Aceh/Islamic-center.or.id

Bisnis.com, JAKARTA — Indonesia, sebagai salah satu negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, memiliki jejak sejarah agama Islam yang sangat panjang. Salah satu petilasan agama Islam di Indonesia tampak dari sejumlah masjid tertua yang masih berdiri kukuh hingga saat ini.

Bahkan, sejumlah masjid tersebut sudah berdiri sejak sebelum Indonesia merdeka dan masa penjajahan. 

Berdasarkan info dari beragam sumber yang dihimpun Bisnis, ada lima masjid tertua di Tanah Air yakni Masjid Raya Baiturrahman, Masjid Sekayu, Masjid Wapauwe, Masjid Agung Demak dan Masjid Ampel. Kelima masjid bersejarah itu tersebar mulai dari ujung barat hingga timur Indonesia. 

Berikut informasi lebih lengkap mengenai lima masjid tertua di Indonesia:


Masjid Raya Baiturrahman Aceh 

Masjid Raya Baiturrahman ini berada di Aceh. Menurut Rafy Saputi, dalam buku “Masjid-Masjid Bersejarah di Indonesia”, masjid ini didirikan pada 1292 atau pada 691 Hijriah oleh Sultan Alaidin Mahmud Syah I, cucu Sultan Alaidin Johan Syah. 

Informasi lain menyebutkan masjid ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda antara 1607–1636 masehi.

Bagunan masjid Baiturrahman yang ada saat ini juga diklaim oleh beberapa pihak telah mengalami pemugaran lantaran sempat dibakar oleh Kapten De Bruijn saat era penjajahan kolonial Belanda.


Masjid Sekayu Semarang 

Masjid Sekayu berlokasi di Kampung Sekayu, Semarang dan lebih dikenal dengan masjid Taqwa. Masjid ini didirikan pada 1413 Masehi oleh ulama asal Cirebon, Kyai Khamal. 

Uniknya, bangunan masjid ini menggunakan kayu jati, kayu unggulan dari daerah Surakarta, Wonogiri, dan Ungaran. 


Masjid Wapauwe Ambon 

Masjid Wapauwe yang berlokasi di Desa Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Maluku Utara ini berdiri sejak 1414 Masehi. Pada mulanya, masjid ini ada di desa Wawane, lereng gunung Wawane dan bernama masjid Jamilu yang didirikan oleh Perdana Jamilu, alim ulama dari Jiilolo Moloku kie Raha (Maluku Utara). 

Namun, masjid ini kemudian dipindahkan oleh Imam Rajali karena mendapat gangguan dari Belanda yang menginjakkan kaki di wilayah tersebut pada 1580 Masehi.


Masjid Agung Demak 

Masjid Agung Demak dibangun pada 1420 Masehi oleh Sunan Kalijaga. Masjid yang berlokasi di Kota Demak, sekitar 26 kilometer dari Semarang, ini juga merupakan salah satu masjid tertua di Pulau Jawa. 

Masjid Demak dibangun untuk menandai keberadaan kerajaan Islam pertama di tanah Jawa, yang dikenal sebagai Kerajaan Demak yang didirikan oleh Raden Patah pada abad ke-15.


Masjid Ampel di Surabaya 

Masjid Ampel dibangun pada 1421 Masehi oleh Raden Muhammad Ali Rahmatullah alias Sunan Ampel.  Dengan bantuan dari dua sahabatnya, yaitu Mbah Sholeh dan Mbah Sonhaji, serta para santrinya, Masjid Ampel dirampungkan.

Saat ini, masjid tersebut berada di Kelurahan Ampel, sekitar 2 kilometer ke timur dari Jembatan Merah Sunan Ampel, dan di sekitarnya juga terdapat pondok pesantren Ampel. Masjid Ampel tetap dijaga dan dirawat kebersihannya, mengingat nilai sejarahnya yang tercermin dari 16 tiang utama yang terbuat dari kayu jati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Artha Adventy

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper