Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Negara dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia, 23 Jam!

Daftar negara yang memiliki durasi puasa terlama di dunia selama Ramadan 2024 ini.
Negara dengan waktu puasa terlama di dunia. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Negara dengan waktu puasa terlama di dunia. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Kondisi geografi di setiap negara atau wilayah di berbagai belahan dunia yang berbeda-beda, ternyata memengaruhi terjadi perbedaan waktu siang dan waktu malam. Hal ini mempengaruhi waktu puasa, terdapat beberapa negara dengan waktu puasa terlama di dunia. Negara dengan waktu puasa terlama adalah Greenland.

Wilayah di bagian selatan umumnya memiliki waktu siang yang lebih cepat. Sementara wilayah di belahan dunia utara mempunyai kecenderungan waktu yang lebih lama. Melansir dari Al Jazeera, umat muslim di Islandia dan Greenland bisa melakukan puasa hingga 17 jam lamanya. Hal ini disebabkan karena siang lebih panjang ketimbang malam.

Wilayah Longyearbyean di Norwegia pada tahun lalu menembus waktu puasa hingga 23 jam lamanya. Longyearbyean bisa menjalani puasa hingga 23 jam apabila cuaca cerah terjadi pada bulan-bulan musim panas.

Umat muslim di dunia telah menjalani puasa Ramadan sejak 11 Maret 2024. Hari ini, Rabu (27/3/2024) telah memasuki hari ke-16. Selama puasa tahun 2024, setidaknya ada 5 negara yang akan menjalani ibadah puasa terpanjang, hingga hampir 18 jam. Yakni tepatnya 17 jam 52 menit.

Negara dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia

Berikut daftar negara yang memiliki waktu puasa terlama di dunia:

1. Nuuk, Greenland

Negara dengan durasi puasa terlama di dunia tersebut yakni Greenland, dengan ibukotanya adalah Nuuk. Masyarakat Nuuk bisa menjalani puasa hingga 17 Jam 52 Menit.

2. Reykjavik, Islandia

Negara kedua dengan durasi puasa terlama di dunia yakni Islandia. Salah satu kota dengan durasi paling lama yakni berada di Reykjavik, yang mana puasanya sampai 17 Jam 25 Menit.

3. Helsinki, Finlandia

Tak berbeda jauh dengan Greenland dan Islandia, wilayah Helsinki di Finlandia juga menjalani puasa terlama di dunia. Di sana, masyarakatnya bisa melakukan puasa selama 17 Jam 9 Menit.

4. Swedia

Stokholm dan Oslo di Swedia masuk ke dalam kategori wilayah dengan puasa terlama di dunia. Di sana, masyarakatnya bisa menjalani puasa hingga 16 Jam 47 Menit.

5. Glasgow, Skotlandia

Terakhir ada Skotlandia dengan durasi puasa mencapai 16 Jam 7 Menit.

Tips Puasa dengan Waktu Lama

Berikut beberapa tips berpuasa untuk Anda yang sedang berada di wilayah dengan durasi puasa yang cukup lama:

1. Memperbanyak Konsumsi Air

Pastikan untuk minum air yang cukup saat sahur dan berbuka untuk mencegah dehidrasi dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Hindari minuman berkafein yang dapat menyebabkan dehidrasi.

2. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Pilih makanan untuk sahur dan berbuka yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, serta vitamin dan mineral penting. Makanan bernutrisi akan membantu menjaga energi dan kesehatan tubuh selama berpuasa.

3. Menjaga Keseimbangan Nutrisi

Saat sahur dan berbuka puasa, perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, dan makanan yang kaya akan serat untuk menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

4. Istirahat yang Cukup

Usahakan untuk mendapatkan istirahat yang cukup pada malam hari dan tidur siang jika memungkinkan. Istirahat yang cukup akan membantu menjaga stamina dan konsentrasi selama berpuasa.

5. Berolahraga Ringan

Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau senam selama waktu luang untuk menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah.

6. Hindari Makanan Berlemak dan Berat

Batasi konsumsi makanan berlemak dan berat selama bulan puasa yang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama dan mengganggu proses pencernaan.

7. Perbanyak Dzikir dan Doa

Gunakan waktu luang selama berpuasa untuk berdzikir, berdoa, dan memperbanyak ibadah agar memperoleh ketenangan pikiran dan kekuatan spiritual.

8. Jaga Kesehatan Mental

Hindari stres dan jaga kesehatan mental dengan berpikiran positif, menghindari situasi yang memicu stres, serta menjaga interaksi sosial yang positif.

Demikian informasi mengenai negara dengan waktu puasa terlama di dunia, yang terkadang hampir seharian. Selain itu terdapat beberapa tips berpuasa di waktu yang lama untuk Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper