Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Film Dirty Vote Viral, Begini Kata Kubu Ganjar-Mahfud, Prabowo-Gibran dan Anies-Cak Imin

Film Dirty Vote viral dan jadi perbincangan di media sosial. Baik kubu 01,02 dan 03 sama-sama angkat bicara soal film dokumenter yang satu ini.
Dirty Vote
Dirty Vote

Cak Imin Panen Kritikan

Meski memberikan respons yang berbeda tentang film Dirty Vote, namun hal tersebut malah membuat Cawapres nomor urut 1 tersebut panen kritikan.

Sebab, Cak Imin membagikan potongan film tersebut pada tanggal 11 Februari 2024 yang sudah masuk ke dalam masa kampanye.

Beberapa netizen meminta Cak Imin untuk menghapus postingan tersebut lantaran masih dalam masa tenang.

Sementara netizen yang lain meminta Anies Baswedan untuk menyita ponsel Cak Imin agar tidak melakukan blunder yang merugikan pada masa tenang ini.

Namun hingga Senin 12 Februari 2024 pagi, postingan Cak Imin tersebut belum dihapus.

Sebagai informasi, film dokumenter “Dirty Vote” pada Minggu siang dirilis oleh rumah produksi WatchDoc di platform YouTube.

Film tersebut menampilkan tiga pakar hukum tata negara, yaitu Zainal Arifin Mochtar dari Universitas Gadjah Mada, Feri Amsari dari Universitas Andalas, dan Bivitri Susanti dari Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera.

Tiga pakar itu secara bergantian dan bersama-sama menjelaskan rentetan peristiwa yang diyakini bagian dari kecurangan pemilu. Dalam beberapa bagian, beberapa pakar juga mengkritik Bawaslu yang dinilai tidak tegas dalam menjatuhkan sanksi terhadap pelanggaran pemilu.

Alhasil menurut mereka, tidak ada efek jera sehingga pelanggaran pemilu cenderung terjadi berulang.

Sutradara “Dirty Vote” Dandhy Dwi Laksono menyebut filmnya itu sebagai bentuk edukasi untuk masyarakat terutama beberapa hari sebelum mereka menggunakan hak pilihnya saat pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

“Ada saatnya kita menjadi pendukung capres-cawapres, tetapi hari ini saya ingin mengajak setiap orang untuk menonton film ini sebagai warga negara,” kata Dandhy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper