Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banjir Demak Makin Parah, Genangan Air Setinggi Truk!

Banjir Demak, Jawa Tengah makin parah dengan jumlah pengungsi sudah bertambah hingga 1.292 jiwa.
Banjir Demak tepatnya di SPBU Karanganyar pukul 08.00 WIB./ Dok. @infodemak
Banjir Demak tepatnya di SPBU Karanganyar pukul 08.00 WIB./ Dok. @infodemak

Bisnis.com, JAKARTA - Kabupaten Demak, Jawa Tengah masih dilanda banjir hingga hari ini. Beredar video di media sosial ketinggian genangan air hampir setinggi truk.

Berdasarkan akun Instagram @infodemak, dikutip Sabtu (10/2/2024), video menunjukkan kondisi di SPBU Karanganyar Demak pukul 08.00 WIB.

Dalam video tersebut, sejumlah truk pengangkut barang terlihat sudah terjebak banjir. Ketinggian genangan air bahkan hampir menenggelamkan truk tersebut.

Dampak banjir Demak belum menunjukkan tanda-tanda surut. Jumlah pengungsi di Kabupaten Kudus bertambah menjadi 1.292 jiwa.

Camat Jati Kabupaten Kudus, Fiza Akbar mengatakan ribuan pengungsi dari Karanganyar, Demak sudah disediakan tempat pengungsian oleh Pemkab Kudus di beberapa titik.

"Data pengungsi per hari ini, termasuk yang mengungsi di rumah-rumah penduduk jumlahnya mencapai 1.292 jiwa," katanya seperti dilansir dari Antara, Sabtu (10/2/2024).

Dia menjelaskan awalnya, tempat pengungsian yang disediakan, di antaranya di atas Jembatan Tanggulangin, Terminal Jati Kudus, Balai Desa Jati Wetan, dan Kantor Koramil Jati. Dengan jumlah pengungsi sebanyak 590 jiwa per Jumat (9/2/2024).

Kemudian, per hari ini jumlahnya bertambah, karena tempat pengungsiannya juga bertambah, di antaranya di DPRD Kudus, Jati Kulon, Loram Kulon, Ngembal Kulon, Jepang Pakis, dan Tanjung Karang, serta di sejumlah rumah warga.

Adapun, untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum para pengungsi, di Terminal Induk Jati Kudus disediakan dapur umum.

Pembina Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Jateng Gatut Rudi Ruliyanto telah menerjunkan anggota Tagana dari berbagai daerah untuk bertugas di dapur umum.

"Kami pastikan untuk kebutuhan makan dan minum para pengungsi terpenuhi, karena petugas di dapur umum juga dibuat tiga shift. Setiap sif ada 25 orang," ujarnya.

Selain memenuhi kebutuhan makan dan minum para pengungsi, juga disediakan kasur, tenda gulung, paket berisi alat kebersihan, pakaian serta perabot darurat, perlengkapan anak, selimut, sandang dewasa, dan sandang anak dengan jumlah cukup banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper