Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak Rekayasa Lalu Lintas Kampanye Akbar Anies di JIS dan Prabowo di GBK

Dishub DKI Jakarta menerapkan rekayasa lalu lintas dan titik parkir kampanye akbar dua pasangan capres-cawapres di JIS dan Stadion Utama GBK pada Sabtu (10/2).
Suasana sepi terlihat di kawasan Senayan saat rekayasa lalu lintas di Jakarta, Rabu (6/8/2023). Bisnis/Feni
Suasana sepi terlihat di kawasan Senayan saat rekayasa lalu lintas di Jakarta, Rabu (6/8/2023). Bisnis/Feni

Bisnis.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya menerapkan kebijakan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik untuk kampanye akbar Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sebagaimana diketahui, kampanye akbar Anies bakal berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS), sementara Prabowo di Gelora Bung Karno.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan seluruh Polres Jajaran di Polda Metro Jaya dilibatkan utk melakukan penjagaan dan pengaturan lalu lintas kampanye terakhir ini.

"Polda Metro Jaya siap mengamankan kegiatan Kampanye Akbar yg akan dilaksanakan di JIS dan GBK," tuturnya kepada wartawan, Sabtu (10/2/2024).

Berikut rekayasa yang akan diterapkan di kawasan JIS pada Sabtu (10/2):

  • Kendaraan dari Jalan RE Martadinara khusus kendaraan penghuni pemukiman dan pengunjung JIS, kendaraan lurus ke Bintang Mas;
  • Kendaraan sumbu tiga atau lebih dari arah Polair belok kiri ke arah Jalan Enggano Raya;
  • Kendaraan sumbu tiga atau lebih dari arah Jalan Yos Sudarso ke Pluit diputar balikkan di pertigaan terminal dan kembali ke Yos Sudarso;
  • Kendaraan dari arah Tol Papanggo di pertigaan Papanggo khusus penghubung pemukiman dan pengunjung JIS;
  • Kendaraan di perempatan Bisma khusus penghuni pemukiman dan pengunjung JIS;
  • Kendaraan di perempatan Setivia khusus penghuni dan pengunjung JIS.

Kemudian rekayasa arus lalu lintas yang akan dilakukan di sekitar GBK:

  • Arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi;
  • Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju Layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda;
  • Arus lalu lintas yang dari Bundaran Senayan menuju ke Jalan Pintu I Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi;
  • Arus lalu lintas dari Jalan Mustopo menuju ke Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan ke Jalan Hang Tuah;
  • Arus lalu lintas dari Jalan Patal Senayan 1 yang menuju ke Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar;
  • Arus lalu lintas arah Manggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Lapangan tembak diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar.

"Mari bersama-sama menciptakan Kamseltibcar Lantas, menjaga kesatuan persatuan bangsa, agar kita tidak terpecah belah dan Pemilu 2024 berjalan aman, damai dan bermartabat," pungkas Ade Ary.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan Dishub juga menyiapkan titik parkir sehubungan dengan kampanye akbar hari ini.

Ruas jalan yang terdampak antara lain simpang perlintasan sebidang KA Jalan Sunter permai raya-Jalan RE. Martadinata, simpang Jalan Sunter Permai Raya-Jalan Bisma Raya, serta Simpang Jalan Danau Sunter Barat-Jalan Danau Sunter Utara.

"Bagi pengunjung yang akan menuju JIS diimbau menggunakan angkutan umum yang sudah disediakan," ujar Syafrin.

Adapun parkir kendaraan yang disediakan di luar area JIS antara lain RSPI Sulianti Soeroso, Universitas 17 Agustus, Graha YKI, D'Arcici, Ruko Sunter Nirwana, Ancol Karnaval, JIEXPO, dan C3 Kemayoran.

Untuk kampanye akbar di GBK, Parkir kendaraan yang disediakan di dalam area kawasan GBK antara lain parkir Plaza Tenggara, Parkir Istora, Jalan APEC, Parkir Elevated Sisi Selatan, Parkir Timur Senayan Sisi Selatan, Parkir Timur Senayan Sisi Utara, Parkir Elevated Sisi Utara, Parkir Akuatik, Lapangan ABC, Parkir Stadion Madya, Parkir Masjid Albina, dan Parkir Lapangan Softball.

Puncak kampanye akbar akan berlangsung pada 10 Februari 2024. Pada hari puncak itu, paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dijadwalkan berkampanye di Jakarta International Stadion (JIS) di Jakarta Utara.

Sementara itu, paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming akan berkampanye di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Sedangkan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan berkampanye di Jawa Tengah.

Adapun kampanye akbar pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) tersebut rencananya dimulai pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB. Sedangkan kampanye akbar pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka direncanakan berlangsung pukul 14.00–18.00 WIB, tetapi pintu masuk sudah dibuka mulai pukul 12.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper