Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Debat Pilpres Kelima, Ini Visi-Misi Pendidikan Para Capres

Debat kelima akan mengangkat tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, SDM, dan Inklusi.
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kanan), Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto (tengah), dan Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berjabat tangan usai acara Debat Capres Perdana di Jakarta, Selasa (12/12/2023).
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kanan), Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto (tengah), dan Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berjabat tangan usai acara Debat Capres Perdana di Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Bisnis.com, JAKARTA — Tiga calon presiden (capres) yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo akan beradu gagasan terkait pendidikan dalam debat terakhir pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Debat kelima dalam kontestasi Pilpres 2024 akan mengangkat tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Debat ini akan diselenggarakan pada Minggu (4/2/2024) dan disiarkan secara langsung di TVOne, ANTV, Net TV, dan Garuda TV.

Berikut rangkuman visi-misi para pasangan calon terkait pendidikan yang telah diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).


Anies Baswedan

Paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menggaungkan visi-misi bidang pendidikan, "Mewujudkan manusia Indonesia yang sehat, cerdas, produktif, berakhlak, serta berbudaya".

Terkait akses pendidikan berkeadilan, Anies berjanji agar siswa lulusan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat dapat melanjutkan pendidikan hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat, dengan meningkatkan daya tampung di sekolah negeri maupun melibatkan sekolah swasta. 

Paslon ini juga akan memperluas akses sekolah untuk anak berkebutuhan khusus, menekan angka anak putus sekolah dengan menyediakan bantuan pendidikan bagi yang membutuhkan dan menangani faktor-faktor lain yang berkontribusi pada terjadinya putus sekolah.

Anies-Cak Imin pun menekankan pentingnya kualitas dan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan. Hal itu diwujudkan dengan program untuk meningkatkan secara signifikan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan dikaitkan dengan kinerja.

Uniknya, paslon ini berjanji untuk mengangkat tenaga kependidikan honorer secara meritokratis dengan mempertimbangkan kebutuhan.

Tentang institusi pendidikan berbasis agama, Anies berjanji mendorong revitalisasi fasilitas fisik sekolah madrasah dan sekolah berbasis agama lainnya, baik yang dikelola oleh Kementerian Agama maupun swasta.

Untuk biaya pendidikan tinggi, paslon ini berjanji menghadirkan kesempatan beasiswa yang setara bagi anak yang memiliki potensi, termasuk yang berasal dari keluarga miskin dan rentan miskin. Mereka juga menekankan pentingnya pendidikan vokasi dan lulusan berdaya saing.


Prabowo Subianto

Paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menekankan visi-misi mengenai pendidikan dalam Asta Cita poin 4.

"Kami, Prabowo dan Gibran mempunyai komitmen untuk memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda (generasi milenial dan generai Z), dan penyandang disabilitas," demikian bunyi poin tersebut.

Dalam Asta Cita tersebut kedua pasangan juga ingin pembangunan bangsa tumbuh sejalan dengan kemajuan masyarakat. Adapun pengembangan sumber daya manusia (SDM) menjadi prioritas pasangan ini.

Prabowo-Gibran juga memiliki 17 program prioritas di mana pendidikan masuk ke dalam poin ke-8 yakni penguatan pendidikan, sains dan teknologi, serta digitalisasi.

Menurutnya, kemajuan sebuah bangsa ditentukan oleh kualitas pendidikan, serta penguasaan sains dan teknologi. 

Mereka berjanji kemajuan kualitas pendidikan akan terus ditingkatkan melalui pengembangan kualitas guru, pengembangan fasilitas pendidikan dan penyediaan pendidikan, termasuk menyediakan dana abadi pendidikan, dana abadi pesantren (untuk mencetak santri berkualitas unggul, dana abadi kebudayaan, dan dana abadi lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Prabowo-Gibran juga memiliki 8 Program Hasil Terbaik Cepat untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Pendidikan masuk ke dalam salah satu poinnya.

Pasangan nomor urut 02 ini ingin membangun sekolah-sekolah unggul terintegrasi di setiap kabupaten, dan memperbaiki sekolah-sekolah yang perlu direnovasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper