Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menlu Retno Ungkap 3 Prestasi Kerja Sama Indonesia-Nederland Society

INS telah menjadi jembatan yang sangat baik bagi Belanda dan Indonesia dalam rangka memperkuat hubungan bilateral.
Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi./Dok. Kementerian Luar Negeri
Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi./Dok. Kementerian Luar Negeri

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengungkap beberapa kerja sama konkret dari Indonesia-Nederland Society (INS) yang berkaitan dengan hubungan bilateral dengan Belanda.

Retno menyatakan telah dicapai tiga kerja sama konkret itu setelah dia bertemu dengan Ketua Indonesia-Nederland Society (INS) saat melakukan kunjungan bilateral ke Den Haaq, Belanda, pada Rabu (31/1/2024)

“Setelah melakukan pertemuan dengan Menlu Belanda, saya juga melakukan pertemuan dengan Ketua Indonesia-Nederland Society (INS),” katanya, saat Press Briefing, pada Rabu (31/1/2024).

Adapun dia menjelaskan tiga kerja sama konkret tersebut di antaranya, pertama, Indonesia-Nederland Society Innovation Programme (INSIC) yang merupakan ajang kompetisi bagi pemuda-pemudi Indonesia dari berbagai bidang.

Kedua, dia menjelaskan yaitu meeting of mind yaitu dengan mengundang para tokoh dari dua negara untuk sharing informasi terhadap isu yang mengemuka pada saat tertentu. Ketiga, Indonesia-Nederland Thesis Prize yang merupakan ajang kompetisi dari para mahasiswa Indonesia di dalam membuat thesis.

Lebih lanjut, Retno menjelaskan bahwa INS terbentuk pada 22 Maret 2012 pada saat dia menjabat sebagai Duta Besar Indonesia di Den Haaq Belanda. Tujuan pendirian INS adalah untuk mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Belanda dengan meningkatkan saling pengertian antara masyarakat kedua negara.

Selain itu, dia menjelaskan anggota INS terdiri dari para tokoh Belanda dari berbagai kalangan, termasuk dari swasta. Menurutnya, selama ini INS telah menjadi jembatan yang sangat baik bagi Belanda dan Indonesia dalam rangka memperkuat hubungan bilateral.

Selanjutnya, dia mengatakan akan menghadiri pertemuan Asean-EU Ministerial Meeting ke-24 di Brussel pada 1-2 Februari 2024. Selanjutnya menghadiri EU Indo-Pasific Ministerial Forum ketiga dan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah Menteri Luar Negeri dari Uni Eropa.

Seperti diketahui, Menlu RI baru saja menyelesaikan pertemuan bilateral dengan Menlu Belanda Hanke Bruins Slot, di Den Haag. Pertemuan itu menjadi pertemuan ketiga sejak September 2023. Dia menegaskan bahwa Belanda merupakan salah satu mitra penting bagi Indonesia di Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper