Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Makna Natal 2023 Bagi Luhut, Rasa Persaudaraan Mesti Diutamakan di Tahun Politik

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap makna natal yang harus diterapkan di tengah bergulirnya tahun politik.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/ YouTube OJK
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/ YouTube OJK

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap makna natal yang harus diterapkan di tengah bergulirnya tahun politik. 

Menurut Luhut, rasa persaudaraan mesti menjadi perhatian dan perlu diutamakan di atas segalanya. Terlebih, memasuki pesta demokrasi 5 tahunan yang akan digelar 2024 mendatang banyak membawa perbedaan yang mengemuka. 

"Untuk itu, apapun perbedaan pilihan yang ada diantara kita nanti, mari kita semua kompak dan bersatu, menciptakan kesejahteraan bagi seluruh Masyarakat Indonesia," kata Luhut, dikutip dari Instagram resminya @luhut.pandjaitan, Senin (25/12/2023). 

Luhut menggambarkan perbedaan pola pikir manusia saat ini merupakan rancangan tuhan, sehingga menurut dia, tidak ada gunanya berkelahi karena perbedaan yang memang sudah menjadi bagian dari setiap manusia,

Dia menilai setiap perbedaan tidak mesti diributkan, namun harus disyukuri dengan tetap berbuat baik kepada sesama. Luhut menuturkan, doa terbaik adalah perbuatan yang baik. 

"Kalau kita semua berbuat baik, saya kira tidak hanya bicara saja. Sekali lagi dalam suasana tadi saya ngajak dengan kerendahan hati, ayo kita sama-sama melakukan refleksi diri kita masing-masing," tuturnya. 

Luhut berharap Natal 2023 dapat menerangkan hati seluruh masyarakat Indonesia dan membawa kedamaian serta kebersamaan. 

"Kita semua berdoa, semoga Indonesia ini tambah baik ke depan. Kita berbeda-beda silahkan saja itu, saya kira sudah maunya Tuhan Maha Pengasih. Tapi, bukan berarti kalau kita berbeda-beda lantas kita musuh-musuhan," tuturnya. 

Dia meyakini, dengan rasa persaudaraan yang kuat di tengah perbedaan itu, cita-cita luhur bangsa dan negara untuk menuju Indonesia Emas 2045 dapat digapai bersama-sama.

Luhut juga berharap pada momen perayaan natal 2023, seluruh umat kristian mampu mengamalkan pesan Kristus dalam firmannya yang berbungi, "Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya"(Lukas 2:14). 

Dengan demikian, kedamaian dapat mewarnai seluruh relung hati rakyat Indonesia sehingga pemilu dapat berjalan dengan tentram dan lebih baik dari tahun lalu. 

"Ya kalau ada kekurangan di sana sini kan tidak mungkin juga sempurna lah ya. Nah kita, penggembira seperti saya, kalau saya bilang penggembira atau yang tidak terlibat langsung disitu ya kita juga ikut membuat suasana sejuk, sehingga Indonesia ini tambah meningkat," tuturnya. 

Di sisi lain, Luhut mengungkap momen spesial di natal 2023 kali ini yakni kesehatan yang telah dia rasakan kembali setelah melewati proses pemulihan panjang. Luhut bersyukur dapat menikmati momen natal bersama anka dan istrinya di Bali saat ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper