Prabowo-Gibran Pacu Ekonomi Kerakyatan Berbasis Hilirisasi

Pasangan Prabowo-Gibran mendorong peningkatan ekonomi kerakyatan guna menopang fondasi besar menuju Indonesia Emas 2045.
Foto: Prabowo-Gibran Pacu Ekonomi Kerakyatan Berbasis Hilirisasi
Foto: Prabowo-Gibran Pacu Ekonomi Kerakyatan Berbasis Hilirisasi

Bisnis.com, JAKARTA - Pasangan Prabowo-Gibran mendorong peningkatan ekonomi kerakyatan guna menopang fondasi besar menuju Indonesia Emas 2045.

Budisatrio Djiwandono selaku Ketua Tim komunikasi TKN Prabowo Gibran mengungkapkan, salah satu cara untuk bisa membuat Indonesia lepas landas menuju negara maju adalah dengan terus melanjutkan program hilirisasi dan industrialisasi dari sektor sumber daya alam dan maritim. 

Kepastian kelanjutan program hilirisasi dan industrialisasi guna menciptakan nilai tambah di dalam negeri telah dituangkan dalam Asta Cita 5 pada visi misi Prabowo-Gibran.

Adapun, program tersebut dijalankan agar memastikan Indonesia dapat keluar menjadi negara maju yang mampu memaksimalkan potensi sumber daya alam guna kemajuan perekonomian nasional dan rakyat.

Di samping itu, melalui hilirisasi dan industrialisasi, Indonesia dapat mengonversi komoditas dasar menjadi produk berdaya saing tinggi, yang juga dapat menciptakan lebih banyak pekerjaan yang berkualitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi domestik.

"Kami memiliki solusi yang bertumpu pada nilai tambah yang berpihak pada rakyat di banyak hal mulai dari pangan, UMKM, ekonomi kreatif, pariwisata, energi, ekonomi hijau dan biru, sampai ke akses inklusif untuk para tenaga kerja di Indonesia," ujarnya Jumat (22/12/2023).

Pasangan Prabowo-Gibran menilai, para pelaku ekonomi Indonesia belakangan ini, terkhusus petani, nelayan, dan pelaku UMKM masih terganjal masalah-masalah klasik.

Lebih lanjut, jeritan mengenai kelangkaan pupuk, kenaikan harga bahan pokok telah menjadi momok yang menghambat pertumbuhan ekonomi di dalam negeri.

Untuk itu, ekonomi kerakyatan menjadi sangat strategis untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang menyeluruh di Tanah Air. Harapan itu telah dituangkan dalam visi pasangan calon nomor urut 2, Prabowo-Gibran.

Dalam Asta Cita 3 yang diusung Prabowo-Gibran, meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pengembangan infrastruktur menjadi salah satu fokus kerja yang akan dicapai nantinya.

Untuk mendorong kewirausahaan yang berkualitas, Prabowo-Gibran mengusung program bantuan dan insentif untuk membuka usaha melalui Gerakan Ekonomi Kerakyatan dengan membangun pusat kwirausahaan di tingkat kabupaten untuk memperkuat produk-produk UMKM.

"Tujuan utama kami dari semua visi misi adalah memastikan masyarakat dapat akses ke kebutuhan mendasar serta membawa ekonomi kerakyatan menjadi visi dasar untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper