Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kecocokan 4 Elemen Zodiak: Api, Air, Udara dan Tanah

Ada empat elemen dalam zodiak yaitu api, air, udara, dan tanah, beirkut kecocokan setiap elemen zodiaknya.
Muhammad Rizky Nurawan, Rendi Mahendra
Senin, 18 Desember 2023 | 11:28
Kecocokan setiap elemen zodiak dengan elemen lainnya./Freepik
Kecocokan setiap elemen zodiak dengan elemen lainnya./Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Ilmu astrologi menawarkan pemahaman mendalam tentang karakteristik kepribadian seseorang berdasarkan elemen zodiak yang mereka miliki. Dalam astrologi, elemen-elemen seperti api, tanah, air, dan udara memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sifat dan kepribadian individu.

Sejarah Zodiak

Zodiak, fenomena astrologi yang kita kenal saat ini, memiliki akar yang dalam dalam sejarah peradaban manusia, terutama bermula dari tradisi Yunani Kuno. Bangsa Yunani pada masa lalu mengembangkan ilmu astrologi, sebuah warisan turun-temurun yang mempelajari keterkaitan antara kejadian di Bumi dengan pergerakan matahari, bulan, dan bintang.

Konsep astrologi ini mengemuka dengan keyakinan kuat bahwa posisi astronomis matahari, bulan, dan bintang dapat memengaruhi dan bahkan memprediksi kehidupan seseorang. Praktik membaca horoskop atau astrologi ini telah berkembang luas seiring berjalannya waktu, dan meluas pada abad ke-17, terutama ketika seorang astrologer Inggris, William Lily, menulis buku berjudul "Christian Astrology" pada tahun 1647.

Zodiak, istilah yang lebih populer digunakan saat ini, memiliki akar dari kata "zoodiacos cyclos" dalam bahasa Yunani yang berarti "lingkaran hewan." Bangsa Yunani menggunakan simbol binatang untuk menggambarkan setengah dari zodiak yang mereka gunakan.

Dalam dasar pemikiran zodiak, koordinat langit dibagi menjadi 12 rasi bintang, masing-masing dengan panjang 30 derajat. Bangsa Yunani Kuno percaya bahwa matahari bergerak melalui 12 rasi bintang ini selama satu tahun, sehingga mereka menggunakan ini sebagai alat untuk mengukur waktu dan menghubungkan posisi bintang dengan peristiwa di Bumi.

Percaya bahwa tanggal lahir seseorang sangat dipengaruhi oleh posisi bintang dan planet, mereka mengaitkan ke-12 zodiak dengan karakteristik dan sifat tertentu.

Kedua belas zodiak ini terbagi ke dalam empat kelompok berdasarkan elemen dasarnya, yaitu api, tanah, udara, dan air. Setiap elemen ini memberikan karakteristik khusus pada masing-masing zodiak, memperkuat identitasnya dan memberikan ciri khas yang unik. Elemen ini pada akhirnya saling melengkapi satu sama lain, membentuk sebuah dinamika yang menarik dalam astrologi.

Zodiak telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia, meskipun pandangan tentang kebenarannya terus menjadi perdebatan. Namun, bagi sebagian orang, zodiak masih menjadi alat untuk memahami diri sendiri dan orang lain, serta untuk membantu membuat keputusan dalam kehidupan sehari-hari.

Seiring berjalannya waktu, pengaruh dan makna zodiak terus berkembang, tetapi kepopulerannya tetap bertahan. Keseluruhan, zodiak menjadi cermin bagi kompleksitas dan keunikan setiap individu, memperkaya pandangan manusia tentang kehidupan dan hubungannya dengan alam semesta.

Sementara dipercaya bahwa ada beberapa elemen dalam zodiak, lantas bagaimana dengan elemen udara? Bagaimana kecocokannya dengan elemen lain? Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita telusuri lebih dalam ke dunia zodiak dan kepribadian.

Elemen Zodiak dan Interaksi Kecocokan

Empat elemen zodiak, yaitu api, tanah, air, dan udara, membawa karakteristik unik yang mempengaruhi keterkaitan antara zodiak-zodiak tertentu. Meskipun suatu zodiak secara tradisional cenderung cocok dengan zodiak yang memiliki elemen yang sama, namun tidak menutup kemungkinan ada kecocokan yang baik antar-elemen.

Menurut "Zodiac Date" oleh Acha Salim, zodiak seseorang menampilkan banyak aspek, termasuk sifat, pola interaksi, preferensi, kecocokan, dan banyak lagi. Namun, ini bukanlah sesuatu yang dapat dijadikan patokan pasti karena banyak faktor lain yang memengaruhinya.

Setiap zodiak berada di bawah pengaruh elemen tertentu. Misalnya, Scorpio berada di bawah elemen air dan Virgo termasuk dalam kelompok elemen tanah. Pertanyaannya, seperti apa kecocokan setiap elemen zodiak dengan elemen lainnya?

Kecocokan Elemen Zodiak dengan Elemen Lainnya

  • Elemen Api (Leo, Aries, Sagitarius): Zodiak berelemen api cenderung memiliki kecocokan dengan zodiak elemen udara. Keduanya bisa saling membangkitkan semangat, melengkapi satu sama lain, dan memahami dengan baik.
  • Elemen Air (Scorpio, Cancer, Pisces): Zodiak berelemen air cenderung cocok dengan zodiak berelemen tanah. Mereka saling menciptakan kenyamanan dan harmoni satu sama lain.
  • Elemen Udara (Gemini, Libra, Aquarius): Zodiak berelemen udara biasanya cocok dengan zodiak berelemen api. Hal ini karena sifat temperamen elemen api bisa diredakan oleh pendekatan lebih tenang dari elemen udara.
  • Elemen Tanah (Virgo, Taurus, Capricorn): Zodiak berelemen tanah cocok dengan zodiak berelemen air. Mereka saling melengkapi dan menciptakan rasa nyaman dalam interaksi.

Setiap elemen zodiak memiliki keunikan dan karakteristiknya sendiri. Kecocokan antar-elemen ini menciptakan dinamika yang menarik dalam hubungan antar-zodiak. Namun, yang terpenting adalah bahwa kecocokan antar-zodiak tidak hanya tergantung pada elemen, tetapi juga pada sejumlah faktor lainnya. Astrologi adalah alat yang memberikan wawasan menarik tentang kepribadian, tetapi bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan interaksi dan kecocokan di antara kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper