Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Survei Terbaru Anies-Imin vs Ganjar-Mahfud vs Prabowo-Gibran

Berikut survei elektabiltas tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menurut berbagai lembaga survei.
Pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD didampingi pendukung berjalan kaki menuju gedung KPU di Jakarta, Kamis (19/10/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD didampingi pendukung berjalan kaki menuju gedung KPU di Jakarta, Kamis (19/10/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Tiga bakal pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang akan berkontestasi dalam Pilpres 2024 telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (25/10/2023).

Mereka adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Pasangan Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud mendaftar terlebih dahulu pada 19 Oktober, sementara Prabowo-Gibran menjadi yang terakhir mendaftar ke KPU pada 25 Oktober.

Beberapa lembaga survei merilis hasil survei elektabilitas masing-masing pasangan calon (paslon) dalam sepekan terakhir.

Berikut elektabilitas tiga pasangan capres-cawapres yang dihimpun dari masing-masing lembaga survei:

Indikator Politik Indonesia

Elektabilitas calon presiden (capres) Prabowo Subianto mendapatkan suara terbanyak pada survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia jika dibandingkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Raihan tersebut berdasarkan survei terbaru yang dirilis oleh lembaga survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada 16 Oktober-20 Oktober 2023 terhadap 2.567 responden berusia 17 tahun lajang atau sudah menikah.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengemukakan bahwa sebanyak 30% masyarakat akan memilih Prabowo Subianto jika Pemilu 2024 digelar pada hari ini. Sementara itu, nama Ganjar Pranowo ada di bawah Prabowo Subianto yaitu sekitar 26,5%. Kemudian, nama Anies Baswedan mendapatkan suara sekitar 17,3%.

"Kita bebaskan masyarakat untuk memilih nama siapa saja tidak terpatok hanya pada tiga nama capres saja dan hasilnya 30% masyarakat memilih Prabowo Subianto," tuturnya di Jakarta, Kamis (26/10/2023).

Voxpol Center Research & Consulting

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting Pangi Syarwi Chaniago menjelaskan survei nasional terbarunya terhadap 1.200 responden di seluruh provinsi Indonesia yang terselenggara pada Juli-Agustus 2023.

Menariknya, Voxpol menambahkan variabel pengaruh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam berjalannya rangkaian Pilpres 2024 hingga saat ini. Kecenderungan keberpihakan Jokowi dianggap berpengaruh terhadap bagaimana masyarakat akan memilih paslon yang ada.

Hasilnya, responden yang masih terpengaruh oleh endorse Jokowi masih terpecah. Sebanyak 20,8% di antaranya mengaku akan cenderung memilih pasangan Anies Baswedan-Cak Imin. Adapun, yang mengaku akan memilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mencapai 33%, sementara Ganjar Pranowo-Mahfud MD mencapai 35,9%.

"Ini sejalan dengan perspektif masyarakat Indonesia soal isu perubahan kebijakan. Hanya sebanyak 19,2% yang cenderung ingin presiden berikutnya melanjutkan kebijakan saat ini secara totalitas. Kemudian, hanya 27,8% yang ingin perubahan menyeluruh. Terbanyak, 40,8% dari responden ingin presiden berikutnya punya kecenderungan untuk melanjutkan, tapi dengan tetap ada perubahan," tutupnya.

Ipsos Public Affairs

Ipsos Public Affairs menyelenggarakan telesurvei pada periode 17-19 Oktober 2023. Dalam telesurvei yang dilakukan pada 17-19 Oktober 2023 tersebut, Ipsos meminta pendapat 1.207 responden yang berada di 34 provinsi di Indonesia.

Peneliti Ipsos Arif Nurul Iman menjelaskan bahwa dalam simulasi tiga nama, pasangan Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran harus mengakui keunggulan pasangan Ganjar-Mahfud.

Pasangan Prabowo-Gibran memperoleh 31,32% dan pasangan Ganjar-Mahfud mendapatkan 31,98%. Sementara, Anies dan Muhaimin mendapatkan 28,91% suara.

"Jadi ketika Prabowo menggandeng Gibran, yang menang adalah Ganjar-Mahfud, meskipun ini kemenangan cukup tipis, hanya nol koma, atau masih dalam koridor margin of error,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper