Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI Finance Perkuat ESG, Ini Realisasi Dukung Indonesia Hijau

BRI Finance berkomitmen secara konsisten melakukan kegiatan CSR yang mengacu pada penerapan prinsip ESG.
Dalam kegiatan yang bertema “Aksi Tanam Pohon Serentak, BRI Finance Dukung Indonesia Hijau”, Perseroan melibatkan seluruh karyawan se-Indonesia untuk berpartisipasi dalam aksi menanam pohon produktif/BRI Finance
Dalam kegiatan yang bertema “Aksi Tanam Pohon Serentak, BRI Finance Dukung Indonesia Hijau”, Perseroan melibatkan seluruh karyawan se-Indonesia untuk berpartisipasi dalam aksi menanam pohon produktif/BRI Finance

Bisnis.com, JAKARTA - PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) terus memperkuat penerapan prinsip environmental, social, dan governance (ESG).

Kali ini, Perseroan mewujudkan komitmen tersebut, khususnya dalam aspek lingkungan, melalui penanaman pohon produktif yang dilakukan serentak Kantor Pusat bersama 26 kantor cabang se-Indonesia dan acara utama yakni penanaman bibit tanaman yang bekerja sama dengan Perhutani, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Puncak Lestari, di Wonderful Citamiang, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Dalam kegiatan yang bertema “Aksi Tanam Pohon Serentak, BRI Finance Dukung Indonesia Hijau”, Perseroan melibatkan seluruh karyawan se-Indonesia untuk berpartisipasi dalam aksi menanam pohon produktif. Secara total ada 2.000 pohon produktif yang ditanam dalam program corporate social responsibility (CSR) BRI Finance tersebut.

Direktur Bisnis BRI Finance Primartono Gunawan menjelaskan, penerapan prinsip ESG menjadi kewajiban sebuah perusahaan modern untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan. Di mana bisnis sejalan dengan kelestarian lingkungan, kepedulian sosial dan diwujudkan melalui tata kelola perusahaan yang baik.

Hal ini pun tak terlepas dari semangat visi BRI Finance untuk menjadi perusahaan pembiayaan terdepan dengan layanan yang terintegrasi.

“Kegiatan ini merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BRI Finance. Khususnya kegiatan pelestarian lingkungan dan penghijauan melalui penanaman pohon produktif yang dilaksanakan serentak di seluruh jaringan kami,” ujar Primartono Gunawan yang akrab disapa Prima, dikutip pada Selasa (24/10/2023).

Adapun pohon produktif yang ditanam, disesuaikan dengan kondisi daerah tempat jaringan BRI Finance berada dengan total keseluruhan 635 bibit pohon produktif. Sedangkan Kantor Pusat BRI Finance menanam pohon damar dan pohon pinus, sejumlah 1.375 pohon dan penanaman telah dilakukan di Cisarua, pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Pohon damar dan pohon pinus dipilih ditanam di daerah tersebut karena pohon – pohon tersebut dapat membantu petani di daerah sekitar untuk meningkatkan produksi panen serta untuk menurunkan tingkat polusi di wilayah pendukung Ibukota DKI Jakarta. Selain itu pohon yang ditanam dapat mengurangi bencana longsor dikarenakan permukaan tanah yang miring.  

“Selain mewujudkan Indonesia yang lebih hijau, kami berharap dengan menanam pohon produktif, kelak dapat dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat sekitar. Pohon-pohon yang ditanam kami serahkan kepada masyarakat di daerah setempat untuk dirawat dan hasilnya dimanfaatkan oleh mereka,” lanjutnya.

Prima pun mengungkapkan bahwa kegiatan CSR ini merupakan rangkaian dari Road to 40th Anniversary BRI Finance pada tanggal 7 Desember mendatang. Dia pun menekankan bahwa kegiatan CSR di bidang lingkungan ini selaras dengan program perusahaan induk yakni BRI Peduli, yang mengusung konsep triple bottom line.

“Penghijauan ini menjadi langkah konkret Perusahaan dalam mendukung ekonomi hijau di Tanah Air. Dengan demikian diharapkan mengurangi dampak perubahan iklim di masa depan, dan kami memastikan bahwa bisnis kami selalu sejalan dengan prinsip ESG demi pembangunan Indonesia yang berkelanjutan,” tuturnya.

Selain terkait lingkungan, BRI Finance juga secara konsisten melakukan kegiatan CSR yang mengacu pada penerapan prinsip ESG, yakni aspek sosial di bidang pendidikan. Perseroan berkomitmen turut serta meningkatkan kualitas pendidikan di berbagai level, seperti di tataran sekolah menengah hingga perguruan tinggi.

Contohnya tahun lalu BRI Finance memberikan bantuan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Terbuka Yayasan Diponegoro Lentera Ilmu danjuga peremajaan infrastruktur kelas di Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

“Dengan kegiatan seperti penanaman pohon, maupun pemberian bantuan di sektor pendidikan, menegaskan bahwa BRI Finance menginginkan keberlanjutan. Kedua kegiatan tersebut dapat bermanfaat dalam jangka panjang, kini dan masa depan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper