Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanggal 20 Oktober, Memperingati Hari Statistik Sedunia

Sejak 20 Oktober 2015 ditetapkan sebagai Hari Statistik Sedunia yang kedua dengan tema umum “Data yang lebih baik, kehidupan yang lebih baik."
Tanggal 20 Oktober diperingati sebagai Hari Statistik Sedunia/Freepik
Tanggal 20 Oktober diperingati sebagai Hari Statistik Sedunia/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Hari Statistik Sedunia diperingati setiap lima tahun sekali tepatnya pada tanggal 20 Oktober.

Hari Statistik Sedunia secara resmi ditetapkan pada sidang ke-41 Komisi Statistik PBB pada bulan Februari dan dirayakan pada bulan Oktober 2010 dengan tema merayakan banyak pencapaian statistik.

Pada tahun 2015, dengan resolusi 96/282, Majelis Umum memutuskan untuk menetapkan tanggal 20 Oktober 2015 sebagai Hari Statistik Sedunia yang kedua dengan tema umum “Data yang lebih baik, kehidupan yang lebih baik,” serta merayakan Hari Statistik Sedunia setiap lima tahun pada tanggal 20 Oktober.

Faktanya, segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, termasuk bagaimana bertumbuh, berkeluarga, bekerja di industri pilihan dan memutuskan tempat tinggal, dapat dipelajari dan diperiksa dalam statistik.

Statistik ini digunakan oleh pemerintah dan lembaga lain untuk membantu membuat rencana di tahun-tahun mendatang. 

Para profesional seperti ahli matematika, perencana kota, perusahaan, pemasar digital dan ilmuwan sosial juga sangat bergantung pada statistik untuk proses pengambilan keputusan mereka. Peringatan Hari Statistik akan dirayakan pada 20 Oktober 2025 mendatang.

Jika kamu ingin turut merayakan Hari Statistik Sedunia, kamu mungkin bisa mengikuti arahan-arahan yang dilansir National Today, sebagai berikut : 

1. Baca laporan statistik

Laporan statistik dihasilkan oleh berbagai industri untuk konsumsi publik yang dapat diakses. Laporan-laporan ini mencakup berbagai topik dan memberikan data serta analisis yang berharga.

2. Tuliskan frekuensi penggunaan

Hal ini hanyalah salah satu cara memanfaatkan statistik dalam kehidupan sehari-hari. 

3. Ikuti kuis statistik

Mengikuti kuis statistik bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk memahami dan mempelajari informasi baru atau sesuatu yang menurut kamu tidak terlalu menarik. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper