Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kode E dari Gibran, Inisial Erick Thohir atau Emil Dardak Untuk Cawapres Prabowo?

Warganet pun mengaitkan cuitan dari Gibran merupakan kode yang diberikan terhadap sosok cawapres yang akan menemani capres Prabowo Subianto.
Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka/ Antara
Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka/ Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali meramaikan suasana politik tanah air kali ini dengan cuitannya di akun X (sebelumnya bernama Twitter) @gibran_tweet.

Menurut pantauan Bisnis, Gibran mencuitkan huruf ‘E’ pada pukul 16.55 WIB pada Kamis (19/10/2023) yang langsung mendulang ragam komentar dari warganet hingga 67.900 ribu mata yang telah melihat unggahan putra bungsu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Cuitan Gibran pun hingga pukul 16.57 WIB telah berhasil direpost sebanyak 42 kali, disukai oleh 510 orang, dan 51 akun telah meng-quotes cuitan tersebut.

Warganet pun mengaitkan cuitan dari Gibran merupakan kode yang diberikan terhadap sosok yang akan menemani calon presiden (capres) Prabowo Subianto untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres)-nya dalam menghadapi pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.

Alhasil, dua nama pun mengkerucut saat Indonesia tengah geger dengan tebakan siapa Cawapres Prabowo Subianto, yaitu nama Menteri BUMN Erick Thohir dan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Emil Dardak.

Adapun, Wagub Jawa Timur, Emil Dardak, menjadi salah satu nama yang muncul di antara daftar sosok potensial Cawapres Prabowo Subianto. Ada dua teori besar yang mendukung rumor tersebut. Pertama karena Emil Dardak turut berkontribusi memberikan usulan agar batas usia Capres dan Cawapres diturunkan.

Sementara teori kedua bersumber dari Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani. Ahmad Muzani mengatakan bahwa kriteria calon Cawapres Prabowo adalah berusia muda dan berpengalaman di pemerintahan. Jika dibandingkan dengan Gibran dan Erick Thohir, Emil Dardak lebih berpengalaman di bidang politik.

Selain itu, Erick Thohir menjadi salah satu nama yang dikaitkan dengan Cawapres Prabowo Subianto usai namanya kian dikenal usai dirinya menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Survei terbaru Polling Institute menunjukkan publik ingin duet Prabowo Subianto-Erick Thohirpada 2024, yakni mencatatkan untuk Prabowo, nama Menteri BUMN Erick Thohir (28,8 persen) menempati peringkat pertama, diikuti nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (17,3 persen), dan sisanya hanya memperoleh kurang dari 9 persen suara.

Bahkan, belum lama ini Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan pun turut mencolek Erick Thohir di instagram pribadinya.

Kendati demikian, "colekan" Luhut di postingan Instagram terbarunya tersebut tidak ada hubungannya dengan rumor tentang Cawapres Prabowo.

Dalam postingan terbaru yang diunggah Rabu (18/10/2023), Luhut Binsar Pandjaitan berterima kasih kepada Menteri BUMN tersebut karena sudah menggantikan posisinya selama sakit.

"Saya bersyukur bahwa segalanya dapat diatasi dengan baik oleh Pak @erickthohir yang ditugaskan untuk menggantikan saya. Beliau dan para Deputi saya telah bekerja dengan maksimal, dan hasilnya terbukti dari kelancaran banyak program yang sedang dan berhasil dijalankan. Semua ini bisa terlaksana karena mereka semua ternyata ingat betul pesan saya untuk bekerja secara terintegrasi, agar semua permasalahan bisa teratasi dengan baik," tulis Luhut.

Di sisi lain, Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo juga menilai ada kecenderungan kuat Prabowo Subianto juga akan memilih kader Nahdlatul Ulama (NU), antara Erick Thohir atau Khofifah Indarparawansa untuk memenangkan kontestasi politik yang berjalan 5 tahun sekali itu.

“Jika itu terjadi maka pasangan manapun yang menang, NU yang untung,” pungkas Karyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper