Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Para Crazy Rich di Balik Proyek Rempang Eco City

Ada setidaknya dua crazy rich yang namanya sering disebut-sebut dalam proyek Rempang Eco City.
Pulau Rempang
Pulau Rempang

Bisnis.com, SOLO - Ada setidaknya dua crazy rich yang namanya sering disebut-sebut dalam proyek Rempang Eco City. Salah satu crazy rich berasal dari Indonesia.

Rempang Eco City menjadi proyek yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Apalagi setelah santer penolakan dari warga masyarakat Rempang yang tak bersedia direlokasi.

Di media sosial, beberapa pihak mengungkit janji Jokowi. Sebab, Presiden Joko Widodo pernah menjanjikan sertifikat tanah kepada masyarakat di Kampung Tua, Batam.

Saat itu, Jokowi yang berstatus calon presiden nomor urut 1, menjanjikan sertifikasi bagi Kampung Tua yang selama ini status tanahnya masih tumpang tindih.

"Jadi saya ingin sampaikan dua hal penting. Yang pertama mengenai sertifikasi pembuatan sertifikat untuk Kampung Tua. Siapa yang setuju Kampung Tua disertifikasi?" kata Jokowi saat melakukan orasi politik di Kompleks Stadion Temenggung Abdul Jamal, Kota Batam, Sabtu, 6 April 2019.

Selain nama Jokowi, nama dua crazy rich juga disebut-sebut dalam proyek Rempang Eco City. Mereka adalah Tomy Winata dan yang kedua adalah Lee Yin Yee.

Rencananya, Tomy Winata melalui PT MEG akan mengembangkan Pulau Rempang menjadi kawasan industri yang ramah lingkungan sehingga disebut Rempang Eco City. 

PT MEG akan membangun Rempang Tower yang menelan dana hingga Rp45 triliun.

Sementara Lee Yin Yee merupakan founder dan chairman Xinyi Glass Holdings. Dilansir dari Forbes, Lee Yin Yee yang saat ini berusia 71 tahun mempunyai harta kekayaan USD2,3 miliar atau setara Rp35,1 triliun (kurs Rp15.300 per USD).

Saat ini dirinya masuk dalam daftar orang terkaya di China 2023 dan daftar orang terkaya di dunia 2023 versi Forbes di urutan 949.

Sebagain informasi, Xinyi Glass Holding disebut akan menanamkan investasi proyek Rempang Eco-City mencapai US$11,6 miliar ekuivalen Rp175 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper