Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berpotensi Jadi Penyangga Kuat IKN, Ini Tantangan Wilayah Sulampua

Dibalik potensi sumber daya yang bisa dimanfaatkan dalam menyokong pembangunan IKN, ada aspek yang menjadi tantangan Sulampua.
Progres Jalan Tol IKN Nusantara/Kementerian PUPR
Progres Jalan Tol IKN Nusantara/Kementerian PUPR

Bisnis.com, MAKASSAR - Dibalik segala potensi sumber daya yang bisa dimanfaatkan dalam menyokong pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), ada beberapa aspek yang menjadi tantangan bagi wilayah-wilayah di Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua) dalam upaya pemanfaatan peluang tersebut.

Direktur Regional II Kementerian PPN/Bappenas Mohammad Roudo mengatakan, beberapa tantangan tersebut datang dari kualitas SDM, kualitas konektivitas antara wilayah Sulampua dan IKN, akses ke pasar di IKN yang belum dibangun, dan penguatan aspek regulasi kerjasama.

Kualitas SDM di wilayah Sulampua yang beragam, dikatakannya perlu ada upaya untuk meningkatkan dan menstandarkan kualitasnya yang sesuai dengan kebutuhan di IKN . Misal dengan menyusun strategi sistem pendidikan yang siap menghadapi masa depan dan menjadi salah satu daerah supply talenta dari wilayah timur. 

"Untuk itu perlu ada re-orientasi pusat pelatihan tenaga kerja dan juga sekolah kejuruan dan perguruan tinggi ke arah potensi pasar tenaga kerja di IKN," ungkap Roudo di Makassar, Kamis (31/8/2023).

Selanjutnya saat ini penerbangan langsung maupun akses pelabuhan di Balikpapan sebagai kota hub terdekat dengan IKN relatif terbatas. Tidak semua kota besar di wilayah Sulampua memiliki akses langsung ke kota ini.

Kondisi ini dapat meningkatkan biaya transportasi. Oleh karena itu, perlu menyusun perencanaan dan melakukan pengembangan infrastruktur yang holistik dan berjangka panjang untuk memaksimalkan potensi multiplier.

Kemudian dalam mendorong pengembangan potensi Sulampua sebagai bagian dari upaya transformasi dan akselerasi ekonomi wilayah timur Indonesia serta menangkap peluang dari pembangunan IKN, perlu ada keterbukaan akses informasi. Penyediaan informasi ini, ditambahkannya, dapat dilakukan oleh pemerintah atau badan usaha.

"Tantangan terakhir yaitu diperlukan penguatan kerjasama antar daerah yang didukung dengan komitmen pemerintah daerah termasuk dalam hal pemasaran produk unggulan daerah. Bentuk kerjasama dapat dituangkan dalam bentuk melalui MoU," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper