Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Budiman Sudjatmiko dan Rocky Gerung, 2 Mantan Aktivis 98 yang Berkonflik dengan PDIP

Dua mantan aktivias 98, Budiman Sudjatmiko dan Rocky Gerung, sama-sama berkonflik dengan PDIP.
Budiman Sudjatmiko dan Rocky Gerung
Budiman Sudjatmiko dan Rocky Gerung

Bisnis.com, SOLO - Budiman Sudjatmiko dan Rocky Gerung, 2 Mantan Aktivis 98 yang Berkonflik dengan PDIP.

Nasib Budiman Sudjatmiko akan diputuskan oleh PDIP hari ini, Senin 21 Agustus 2023. Setidaknya akan ada dua keputusan yang mungkin dijatuhkan kepada bekas aktivis era 98 tersebut yakni mengundurkan diri atau dipecat sebagai kader partai banteng.

Keputusan inu erat kaitannya dengan menuver Budiman yang memutuskan untuk mendukung Prabowo Subianto alih-alih Capres yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo.

Sebelum ini, PDIP telah mengultimatum Budiman Sudjatmiko atas manuver yang dirinya lakukan tersebut.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan pihaknya tak akan memberi toleransi lagi atas tindakan Budiman. Oleh sebab itu, PDIP hanya akan memberikan dua opsi kepada Budiman: antara keluar partai secara sukarela atau dipecat.

"Yang jelas partai tidak mentolerir terhadap tindakan indisipliner setiap kader partai. Partai akan mengambil suatu tindakan yang tegas, opsinya mengundurkan diri atau menerima sanksi pemecatan," jelas Hasto di sela Rakerda III DPD PDIP Kalimantan Timur, Balikpapan, dikutip Senin (21/8/2023).

Budiman Sudjatmiko merupakan mantan aktivias 98 kedua yang terlibat konflik dengan PDIP.

Sebelumnya, ada Rocky Gerung yang juga sedikit banyak memiliki persepsi yang berbeda dengan beberapa kader partai belogo banteng pimpinan Megawati Soekarno Putri tersebut.

Pada akhir Juli 2023, Rocky Gerung melalukan orasi dalam acara buruh dan menyampaikan kata umpatan kepada Presiden Joko Widodo.

Ternyata, kalimat Rocky tersebut membuat filsuf sekaligus akademisi tersebut mendapat banyak demo yang datang dari berbagai wilayah, salah satunya di Yogyakarta.

Demo besar terjadi di depan Bento Kopi, Yogyakarta, 1 Agustus 2023 lalu. Dalam demo tersebut, ada kader PDIP yakni My Esti Wijayati yang turut serta dalam demo.

"Saya dihalangi bertemu dengan kurang lebih 1.500 hingga 2.000 mahasiswa di situ. Justru itu dihalangi oleh PDIP," kata Rocky, Jumat 4 Agustus 2023.

Informasi ini sampai juga ke telinga Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto sehari setelahnya. Hasto mengatakan bahwa PDIP tidak pernah mengadang Rocky Gerung.

"Ya, kita gak pernah mengadang," kata Hasto. Tapi pada kenyataannya, My Esti Wijayati yang merupakan kader PDIP ada di lokasi saat demo berlangsung.

Saat nasib Budiman Sudjatmiko ditentukan hari ini, Rocky Gerung akan menjalani sidang pertama yang dijadwalkan besok, Selasa 22 Agustus 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper