Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penuh Filosofi, Ini Makna Pakaian Adat Tanimbar Maluku yang Dipakai Jokowi

Jokowi menghadiri sidang Nota Keuangan MPR RI di Senayan, Rabu 16 Agustus 2023.
Jokowi mengenakan pakaian adat Tanimbar Maluku
Jokowi mengenakan pakaian adat Tanimbar Maluku

Bisnis.com, SOLO - Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Tanimbar dari Maluku ketika menghadiri sidang tahunan MPR RI Rabu, 16 Agustus 2023 di Senayan.

Jokowi sampai di Gedung Nusantara pada pukul 08.40 WIB ditemani dengan Iriana dan Wapres Ma'ruf Amin. Kedatangan Jokowi langsung disambut oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jokowi memang kerap mengenakan pakaian adat kala menghadiri rapat di mana dirinya akan menyampaikan pidato kenegaraan.

Namun pada tahun 2023 ini, Jokowi memilih pakaian adat Tanimbar Maluku yang ternyata sarat makna. Tanimbar merupakan kepulauan yang berada di Kecamatan Yamdena, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.

Dilansir dari siaran langsung YouTube DPR RI, Jokowi tampak mengenakan kemeja putih dengan kain tenun sinune berkelir hitam yang manis dan indah.

Tenun tersebut bernama umpan yang diikat pada bangian pinggang. Selain itu, orang No.1 di Ri tersebut juga mengenakan dua kain tenun tais bergaris merah tua dengan motif yang khas.

Yang tak kalah mencuri perhatian adalah penutup kepala yang dikenakan Jokowi.

Di Maluku, penutup kepala yang dikenakan Jokowi tersebut nermama tataban ulun yang dihias dengan indah dengan hiasan somalea yang berasal dari burung Cendrawasih.

Jokowi juga tampak mengenakan gantungan emas bernama Wagpar yang tergantung gagah di dada Jokowi.

Ternyata setiap aksesoris yang dikenakan kepala negara tersebut mengandung makna yang mendalam.

Misalnya saja tataban ulun atau hiasan kepala yang digunakan oleh Jokowi, ternyata melambangkan keberanian, kebesaran, dan keperkasaan sebagai seorang pemimpin, pahlawan, prajurit atau ketua adat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper