Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesan Sekjen Asean dalam Peringatan HUT ke-56 Asean

Sekjen Asean Kao Kim Houm memberikan pesannya dalam peringatan HUT ke-56 Asean yakni mempertahankan pembangunan ekonomi dan kemakmuran kawasan
Pesan Sekjen Asean dalam Peringatan HUT ke-56 Asean. Logo HUT ke-56 Asean./asean.org
Pesan Sekjen Asean dalam Peringatan HUT ke-56 Asean. Logo HUT ke-56 Asean./asean.org

Bisnis.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asean Kao Kim Houm menyampaikan pesannya dalam peringatan HUT ke-56 Asean di Jakarta, pada Selasa (8/8/2023). 

Dia menyatakan bahwa kawasan Asean merupakan rumah bersama bagi seluruh masyarakat negara anggota. Tujuan itu tergambar dalam tema "Memperkuat Kerja Sama untuk Mempertahankan Relevansi Asean dalam Merespon Tantangan Regional dan Global".

"Komunitas Asean di bawah keketuaan Indonesia di Asean tahun ini, untuk mempertahankan pembangunan ekonomi dan kemakmuran demi kepentingan seluruh masyarakat yang menyebut kawasan ini sebagai rumah bersama," katanya, saat memberi sambutan dalam peringatan ulang tahun ke-56 Asean, pada Selasa (8/8/2023). 

Lebih lanjut, dia menekankan bahwa inti dari perjalanan Integrasi Kawasan Asean adalah masyarakat Asean. 

Dia menjelaskan bahwa keberhasilan Asean diukur dari upaya pembangunan masyarakat Asean yang dapat memberikan manfaat secara nyata, dan konkret bagi kehidupan warga negara. 

"Pada akhirnya rakyatlah yang akan menjamin kelanggengan komunitas Asean. Oleh karena itu, saya ingin mengajak seluruh warga Asean dari berbagai lapisan masyarakat untuk bergabung dengan kami dalam perayaan meriah hari jadi ke-56 hari ini," ujarnya. 

Selanjutnya, Kim Houm juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berkontribusi bersama mewujudkan komunitas Asean.

"Dan juga mengajak kita semua untuk berkontribusi dalam upaya bersama mewujudkan komunitas Asean yang damai, sejahtera, dinamis, tangguh, berdasarkan aturan, berorientasi pada rakyat dan berpusat pada rakyat, bahagia, futuristik sejak dulu," ucapnya.

Sementara itu, sambungnya, keberhasilan Asean tidak akan mungkin terwujud tanpa komitmen dan tekad yang kuat dari negara-negara anggota Asean.

"Perlunya untuk bekerja sama dalam pendekatan yang lebih baik terhadap integrasi regional dan proses pembangunan komunitas Asean di bawah keketuaan Indonesia di Asean tahun ini," tambahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper