Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Syaiful Dasuki Beberkan Kronologi Dirinya Bisa Diangkat Jadi Wamenag

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Syaiful Rahmat Dasuki mengamini bahwa penunjukkannya adalah mandat dari PPP.
Wamenag Syaiful Rahmat Dasuki
Wamenag Syaiful Rahmat Dasuki

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Menteri Agama (Wamenag) Syaiful Rahmat Dasuki mengamini bahwa penunjukkannya adalah mandat dari Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.

Meski begitu, Syaiful mengatakan bahwa Ketum dari partai berlogo ka’bah itu hanya merekomendasikan sejumlah nama, tetapi pengangkatannya tetap merupakan bagian dari hak prerogatif Presiden Ke-7 RI itu.

“Penunjukkan ini sebenarnya prerogatif Presiden, tetapi kebetulan memang itu diminta oleh Presiden [ajukan nama], akhirnya ketua umum memberikan amanah kepada saya. Kebetulan ini tanggal 17, sesuai dengan nomor PPP nomor 17, mudah-mudahan ini menjadi berkah, tanda alam,” tuturnya kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (17/7/2023)

Lebih lanjut, pengganti Zainut Tauhid dari kursi Wakil Menteri Agama (Wamenag) itu mengaku akan memenuhi tugas, pokok, dan fungsinya untuk membantu program-program Menag Yaqut Cholil Qoumas.

“Fokus saya tentu memenuhi tupoksi yang sudah diberikan, membantu pak Menteri menyukseskan program unggulannya dalam waktu yang tinggal 1 tahun setengah ini, bagaimana mencapai moderasi beragama, toleransi makin tinggi, dan menjaga kemajemukan Indonesia,” pungkas Syaiful.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku bahwa salah satu pertimbangan untuk mengganti posisi Zainut Tauhid dari kursi Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid karena adanya permintaan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Oh itu, [pertimbanganya karena] ada permintaan dari partai," katanya kepada wartawan di Istana Negara, Senin (17/7/2023).

Sekadar informasi, Zainut Tauhid merupakan Anggota Majelis Kehormatan DPP PPP yang maju sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) PPP di pemilihan umum (Pemilu) 2024. Adapun, pengganti Zainut adalah Ketua DPW PPP DKI Jakarta Saiful Rahmat Dasuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper