Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kronologi Tim Pencari Temukan Puing Kapal Selam Wisata Titanic di Dasar Laut

Pakar laut dalam menceritan kronologi penemuan puing-puing kapal selam wisata Titanic di dasar laut Samudera Altantik.
Kapal Selam Wisata Titanic/dok. Tangkapan layar Instagram.
Kapal Selam Wisata Titanic/dok. Tangkapan layar Instagram.

Bisnis.com, JAKARTA - Pakar laut dalam dan pemimpin tim yang menemukan sisa-sisa kapal selam Titan saat tur ke bangkai Titanic yang hilang di Samudera Atlantik menuturkan kisah operasi penyelamatan kapal tersebut.

Kepala Eksekutif Pelagic Research Services Ed Cassano mengatakan OceanGate segera menghubungi timnya setelah kapal selam wisata itu kehilangan kontak pada 18 Juni 2023.

Perusahaannya mengirimkan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh atau ROV yang dengan cepat menemukan sisa-sisa kapal selam wisata Titanic itu.

"Kami selalu waspada terhadap awak kapal Titan. Polos dan sederhana, kami fokus pada penyelamatan," kata Cassano dalam konferensi pers di kantor pusatnya di Aurora Timur, New York, Jumat (30/7/2023).

Melansir Insider, kendaraan Odysseus 6K dari perusahaan ROV merupakan satu-satunya kapal selam yang mampu melakukan pencarian untuk mencapai kedalaman kapal selam wisata Titanic itu.

Dia mengatakan bahwa timnya telah bersiap untuk menyelamatkan kapal selam wisata itu, tetapi jelas bahwa para penumpang tidak dapat selamat.

"Pada pukul 12.00 (waktu setempat), sayangnya penyelamatan berubah menjadi pemulihan. Tidak lama setelah kami tiba di dasar laut, kami kemudian menemukan puing-puing kapal selam wisata itu," katanya.

Kemudian, Cassano sempat berhenti menceritakan, lalu dia menghela napas berat, dan tampak menahan air matanya.

"Saya harus minta maaf, kami masih melakukan demobilisasi, ada banyak emosi, orang-orang lelah," lanjutnya.

Kelima orang penumpang di kapal selam wisata Titanic itu, termasuk Stockton Rush, CEO OceanGate, dinyatakan meninggal setelah kapal selam itu meledak saat menyelam ke bangkai kapal Titanic pada 18 Juni 2023.

Penjaga Pantai AS mengatakan bahwa sisa-sisa manusia yang diduga penumpang Titan telah ditemukan pada Rabu (28/6/2023).

Penyelam Prancis Paul-Henri Nargeolet, pengusaha Inggris Hamish Harding, pengusaha Pakistan Shahzada Dawood, dan putranya yang berusia 19 tahun, Suleman, juga ikut hilang dalam kapal selam tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper