Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar beserta Contohnya

Cara membuat artikel ini perlu kamu ketahui agar artikel kamu menarik untuk dibaca.
Cara membuat artikel jurnal yang baik dan benar/Darlena - Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Cara membuat artikel jurnal yang baik dan benar/Darlena - Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Bisnis.com, JAKARTA - Artikel adalah sebuah karya tulis lengkap berupa laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar dan sebagainya. Tujuan pembuatan artikel adalah untuk memberitahu, menghibur, mempengaruhi dan meyakinkan pembaca. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara membuat artikel yang baik dan benar. 

Artikel bisa dipahami sebagai karya tulis berdasarkan fakta dan argumentasi yang ditulis sebagai laporan berita atau esai untuk dimuat di media massa seperti majalah, portal media online dan sebagainya. Sebagai seorang pemula, menulis artikel mungkin akan terasa sulit. 

Tata Cara Membuat Artikel yang Baik

  1. Temukan Ide yang Unik dan Menarik
    Dengan mencari inspirasi dari pengalaman sehari-hari atau peristiwa yang sedang terjadi. Cobalah untuk berpikir out of the box dan berikan sudut pandang berbeda pada topik yang sama. 
  2. Buat Rangkaian Teks yang Jelas dan Terstruktur
    Jika sudah menemukan ide, kamu bisa membuat rangkaian teks yang terstruktur. Hal ini dilakukan untuk membantu pembaca memahami isi tulisan secara lebih baik. Susun tulisan dengan menggunakan paragraf yang pendek dan jelas, serta gunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh pembaca. 
  3. Rujukan yang Bisa Dipercaya
    Sumber data bisa diperoleh dari buku-buku, jurnal atau penelitian terdahulu yang sudah dipublikasikan. Pastikan sumber yang digunakan memiliki kredibilitas baik dan tidak meragukan. 
  4. Buat Paragraf Pembuka yang Singkat dan Padat
    Paragraph pertama dalam sebuah artikel bisa mempengaruhi pembaca untuk melanjutkan membaca atau tidak. Oleh karena itu, kamu harus menulis paragraf pembuka yang menarik dan padat sehingga pembaca tertarik untuk membaca sebuah artikel. 
  5. Menulis Artikel Secara Jelas dan Efektif
    Hindari penggunaan kata-kata yang berlebihan hanya untuk memperpanjang artikel. Sebaiknya menggunakan kalimat yang jelas dan mudah dipahami agar pembaca bisa memahami informasi yang kamu sampaikan dengan baik. 
  6. Penggunaan Visual 
    Menambahkan visual seperti ilustrasi atau gambar bisa meningkatkan kualitas artikel. Visual bisa menarik perhatian pembaca dan memperjelas pesan yang ingin disampaikan. 
  7. Penggunaan Tabel dan Grafik 
    Selain visual, penggunaan tabel dan grafik juga sangat membantu dalam meningkatkan kualitas artikel. Selain menambah daya tarik, hal ini bisa mempermudah pembaca untuk memenuhi informasi yang disajikan. 
  8. Membaca Ulang Artikel 
    Dengan membaca ulang artikel, penulis bisa mengevaluasi struktur kalimat dan mengoreksi kesalahan penulisan seperti typo. Hal ini juga membantu meningkatkan kualitas tulisan secara keseluruhan. 
  9. Membuat Judul yang Menarik
    Judul menjadi salah satu faktor penting dalam menarik minat pembaca untuk membaca artikel yang kamu tulis. Untuk itu, penting bagi kamu membuat judul yang menarik dan mudah dimengerti dengan memperhatikan unsur SPOK. 
  10. Berlatih Menulis dengan Rutin 
    Menulis adalah sebuah keterampilan yang bisa diasah melalui Latihan yang rutin. Kamu bisa meningkatkan kemampuan menulis dengan terus berlatih setiap hari atau membuat jadwal rutin untuk menulis. 

Jenis-jenis Artikel

1. Artikel Deskripsi

Jenis artikel ini berisikan penjelasan secara detail mengenai suatu objek, tempat atau kejadian. Tujuan artikel deskripsi adalah agar pembaca memahami objek yang dijelaskan dengan lebih baik. 

Artikel ini biasanya memuat informasi tentang ciri-ciri, bentuk, fungsi dan karakteristik objek yang dijelaskan. contohnya, ulasan produk, review restoran atau deskripsi destinasi wisata.

2. Artikel Persuasi

Artikel ini ditulis dengan tujuan mempengaruhi pembaca agar setuju dengan pendapat atau pandangan penulis. Artikel ini biasanya menggunakan argumen logis, fakta dan bukti untuk meyakinkan pembaca. Contoh artikel persuasi ini antara lain editorial, opini dan esai. 

3. Artikel Narasi

Artikel ini berisikan cerita atau narasi fiksi. Tujuannya adalah menghibur pembaca dan memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan. Artikel ini biasanya memiliki plot, karakter dan konflik yang bisa membuat pembaca terlibat dalam cerita. Contohnya, antara lain cerita pendek, novel dan memoir. 

4. Artikel Eksposisi

Artikel ini berisi penjelasan atau analisis mengenai suatu topik atau isu tertentu. Tujuannya adalah memberikan pemahaman yang lebih dalam dan mendalam terhadap topik yang dibahas. Artikel ini biasanya memuat informasi tentang sejarah, perkembangan atau masalah yang terkait dengan topik tersebut. Penulisan artikel ini bisa menggunakan fakta, data, statistic atau pendapat ahli untuk mendukung argumennya. 

5. Artikel Prosedur

Artikel ini berisi Langkah-langkah atau petunjuk yang harus dilakukan untuk melakukan suatu Tindakan atau memecahkan suatu masalah. Adapun tujuannya adalah memberikan panduan atau bantuan bagi pembaca yang ingin melakukan Tindakan tersebut. 

Artikel ini biasanya memuat informasi tentang bahan yang diperlukan, tahapan yang harus dilakukan dan Langkah-langkah yang harus diikuti. Contoh artikel ini adalah tentang cara membuat kue, hingga cara menginstall software di komputer. 

Contoh Artikel Kesehatan

contoh artikel
contoh artikel

Itulah beberapa hal mengenai cara membuat artikel yang perlu kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper