Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PKS Usul Piala Dunia U-17 di JIS, Punya Standar Tinggi

Jakarta International Stadium (JIS) dirancang memiliki standar tinggi dan ramah lingkungan. 
Jakarta International Stadium/Dok. Tangkapan layar instragram
Jakarta International Stadium/Dok. Tangkapan layar instragram

Bisnis.com, JAKARTA — Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PKS Muhammad Taufik Zoelkifli menilai Jakarta International Stadium (JIS) laik digunakan sebagai salah satu stadion untuk pelaksanaan Piala Dunia U-17.

Taufik mengatakan bahwa fasilitas yang dimiliki JIS mumpuni untuk digunakan pelaksanaan Piala Dunia U-17 karena memiliki standar tinggi dan memiliki konsep ramah lingkungan.

“Banyak hal yang standarnya sudah sangat tinggi di sana. Selain itu, bangunan ini juga dirancang eco green, salah satunya ada fasilitas renewable water,” ujar Taufik saat dihubungi wartawan, Senin (26/6/2023).

Menurut dia, sangat disayangkan apabila JIS tidak dipergunakan maksimal untuk acara internasional tersebut, sebab dalam pembangunannya sudah memakan biaya yang cukup besar. 

“Ini ada stadion milik Jakarta memang sudah pantas. Kalau memang ada yang kurang dan lainnya, yang kurang dapat diperbaiki,” jelasnya.

Menurut Taufik, memperbaiki fasilitas tidak membutuhkan biaya yang besar. Adapun fasilitas yang perlu diperbaiki adalah akses jalan masuk dan keluar JIS, serta tempat parkir.

“Memperbaiki fasilitas tersebut tidak seberapa atau mencapai angka miliaran. Jadi kalau memperbaiki arus lalu lintas, tempat parkir, dan akses jalan masuk ke stadion tidak seberapa jika dibandingkan membangun besarnya stadion lain,” jelasnya.

Berdasarkan catatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Ketum PSSI) Erick Thohir untuk mempersiapkan dengan baik terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Tanah Air. 

Jokowi mengonfirmasi bahwa FIFA akan mengagendakan turnamen Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Namun, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dijadwalkan akan menggelar konser Coldplay pada 15 November 2023.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta Ketum PSSI untuk memikirkan solusi terkait dengan bentroknya ajang Piala Dunia U-17 dan penyelenggaraan konser Coldplay di Tanah Air.

“Ya nanti kan dicarikan solusi. Stadion kita kan juga bukan hanya GBK, yang lain kan ada, ada JIS kan ada. Ada di Manahan ada. Ada di Jalak Harupat, ada banyak. Ada di Surabaya juga ada Stadion Bung Tomo ada juga, wong stadion kita nih banyak kok yang sudah siap,” kata Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper