Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cari Kapal Selam Tur Titanic, Tim Penyelamat Cuma Punya Waktu Sampai Kamis

Pencarian kapal selam tur Titanic, Titan, yang hilang kontak terus dilakukan oleh regu penyelamat.
Pencarian Titan, kapal selam tur Titanic yang hilang, terus dilakukan/OceanGate.
Pencarian Titan, kapal selam tur Titanic yang hilang, terus dilakukan/OceanGate.

Bisnis.com, SOLO - Pencarian kapal selam tur Titanic, Titan, yang hilang kontak terus dilakukan oleh regu penyelamat.

Kapal selam Titan hilang kontak sekitar 1 jam 45 menit setelah berangkat menuju tur ke reruntuhan kapal Titanic di tenggara Kanada, Minggu (18/6/2023).

Tim penyelamat dari Amerika Serikat dan Kanada pun dikerahkan untuk mencari kapal selam Titan milik OceanGate Expeditions tersebut.

Namun, regu penyelamat harus berpacu dengan waktu untuk menemukan bangkai kapal selam Titan dan lima penumpang yang ada di dalam.

Dilansir dari Reuters, spesifikasi kapal selam Titan memungkinkan untuk berada di bawah permukaan laut selama 96 jam atau sekitar empat hari sebelum udara di dalam kapal tersebut habis.

Artinya, kelima penumpang yang hilang bersama kapal selam Titan harus ditemukan sebelum Kamis. Sebab setelah itu penumpang akan kehabisan udara.

Pesawat AS dan Kanada telah mencari lebih dari 7.600 mil persegi laut lepas, Kapten Penjaga Pantai AS Jamie Frederick mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers pada hari Selasa (20/6/2023).

Militer Kanada telah menjatuhkan pelampung sonar untuk mendengarkan suara yang mungkin datang dari Titan. Sebuah kapal komersial dan kapal selam laut dalam yang dikendalikan dari jarak jauh juga mencari di dekat lokasi tersebut, kata Frederick.

Secara terpisah, sebuah kapal penelitian Prancis yang membawa kapal robot selam dalam dikirim ke area pencarian atas permintaan Angkatan Laut AS dan diperkirakan tiba Rabu (21/6/2023) malam waktu setempat, kata lembaga penelitian Ifremer.

Tim penyelamat menghadapi tantangan yang besar dalam menemukan Titan dan menyelamatkan orang-orang di dalamnya, menurut para ahli.

Jika kapal selam mengalami keadaan darurat di tengah penyelaman, pilot kemungkinan akan melepaskan pemberat untuk mengapung kembali ke permukaan, menurut Alistair Greig, seorang profesor teknik kelautan di University College London.

Tetapi tanpa komunikasi, menemukan kapal selam seukuran mobil van di Samudera Atlantik yang luas adalah pekerjaan berat.

Kapal selam juga disegel dengan baut dari luar untuk mencegah penghuninya melarikan diri tanpa bantuan, bahkan jika telah muncul ke permukaan.

Jika Titan berada di dasar laut, upaya penyelamatan akan lebih menantang karena kondisi ekstrem lebih dari 2 mil di bawah permukaan.

Titanic terletak 12.500 kaki (3.810 meter) di bawah air, di mana tidak ada sinar matahari yang dapat menembus.

Hanya peralatan khusus yang dapat mencapai kedalaman seperti itu tanpa dihancurkan oleh tekanan air yang sangat besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper