Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi: Smelter Tembaga Freeport Jadi Fondasi Indonesia Menuju Negara Maju

Jokowi optimistis pembangunan smelter tembaga PT Freeport Indonesia dapat menjadi fondasi menuju Negara Maju
Jokowi: Smelter Tembaga Freeport Jadi Fondasi Indonesia Menuju Negara Maju. Proyek pembangunan smelter tembaga Freeport di Gresik, Jawa Timur / Bisnis - Akbar Evandio
Jokowi: Smelter Tembaga Freeport Jadi Fondasi Indonesia Menuju Negara Maju. Proyek pembangunan smelter tembaga Freeport di Gresik, Jawa Timur / Bisnis - Akbar Evandio

Bisnis.com, GRESIK - Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis pembangunan smelter tembaga PT Freeport Indonesia dapat menjadi fondasi menuju Negara Maju.

Hal ini dia sampaikan usai meninjau proyek pembangunan pabrik smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus Industri Java Integrated dan Industrial Port Estate (KEK JIIPE) Manyar, Gresik, Jawa Timur, Selasa (20/6/2023).

“Sore hari ini saya dayang ke smelter tembaga milik PT Freeport Indonesia dan di sini perkembangannya sudah selesai lebih dari 72 persen,” katanya kepada wartawan.

Orang nomor satu di Indonesia itu pun menargetkan agar pabrik smelter PT Freeport Indonesia dapat rampung pada Mei 2024, sehingga daya saing terhadap komoditas tambang di Tanah Air dapat bersaing dengan Negara lainnya.

Dia memerinci kemampuan smelter tembaga tersebut memiliki kapasitas memproduksi konsentrat hingga 1,7 juta ton per tahun dan menghasilkan katoda tembaga kurang lebih 600.000 ton per tahun.

“Inilah yang nanti yang tadi saya sampaikan yang harus diintegrasikan dengan nikel yang ada di Sulawesi dengan Bauksit yang ada di Bintan dan Kalimantan Barat dengan timah yang ada di Bangka Belitung dengan tadi diserap oleh over foil di sini sehingga terintegrasi menjadi EV, baterai lithium baterai yang akan diintegrasikan lagi menjadi kendaraan listrik,” tuturnya.

Ke depan, Jokowi pun mengungkapkan visinya agar Indonesia memiliki daya saing dalam ranah komoditas tambang hingga industri kendaraan listrik.

“Daya saing kita ada disitu itulah yang kita gunakan sebagai pijakan, smelter ini pijakan pondasi untuk kita menjadi Negara maju karena dari yang bertumpu pada komsumsi sekarang kita akan bertumpu pada produksi,” pungkas Jokowi.

Untuk diketahui, PT Freeport Indonesia (PTFI) memastikan terus mendukung kebijakan hilirisasi Pemerintah dan sedang melakukan investasi besar dalam pembangunan smelter baru sebagaimana mandat dalam Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Berdasarkan laporan yang diterima Bisnis, pabrik tembaga atau fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) tembaga yang diklaim sebagai yang terbesar di dunia itu telah mencapai 70,6 persen dari sisi pembangunan.

Adapun, pembangunan smelter tembaga tersebut memakan biaya mencapai US$2,2 miliar atau sekitar Rp33 triliun dari total biaya US$3 miliar atau kurang lebih Rp45 triliun.

Secara terperinci, dari total biaya tersebut digunakan untuk pemadatan tanah hingga pemasangan tiang pancang, dimana dari perkembangannya untuk pembangunan tiang pancang telah selesai hingga 100 persen, pekerjaan beton di 67 persen, instalasi baja 36 persen, instalasi baja di area tangki 32 persen, dan pembangunan pelabuhan sudah 98,6 persen.

Selanjutnya, smelter single line atau satu jalur terbesar di dunia ini diklaim mampu menyerap konsentrat tembaga hingga 1,7 juta ton per tahun. Kemudian, produk katoda tembaga yang dihasilkan bisa mencapai 600.000 ton per tahun.

Tak hanya menghasilkan katoda tembaga, produk sampingan lain juga akan dihasilkan oleh smelter ini mulai dari produk yang terkandung dalam lumpur anoda yakni emas dan perak murni sebanyak 6.000 ton per tahun, asam sulfat sebanyak 1,5 juta ton per tahun, terak tembaga sebanyak 1,3 juta ton per tahun, dan gipsum sebanyak 150.000 ton per tahun.

Nantinya, total kapasitas pengolahan konsentrat smelter pada 2024 akan mencapai 3 juta dmt/tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper