Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI Diluncurkan, Istana Sebut Jokowi Ikut Cawe-cawe

Istana Negara secara resmi meluncurkan logo dan tema dalam rangka menyambut HUT Ke-78 RI yang jatuh pada 17 Agustus 2023 mendatang.
Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI Diluncurkan, Istana Sebut Jokowi Ikut Cawe-cawe / Antara
Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI Diluncurkan, Istana Sebut Jokowi Ikut Cawe-cawe / Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Istana Negara resmi meluncurkan logo dan tema HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus 2023.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlibat langsung dalam proses penetapan logo HUT ke-78 RI itu.

"Ini logo dipilih oleh Bapak Presiden," ujarnya dikutip melaui konferensi pers virtual, Senin (12/6/2023).

Terkait dengan logo, Heru memerinci tema yang diusung dalam peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI adalah Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

Lebih lanjut, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta itu memaparkan untuk desain logo HUT RI kali ini memiliki desain yang simpel.

Pertama, logo ini menampilkan angka tujuh didominasi warna merah dan angka delapan dengan garis merah kecil membentuk angka delapan.

Logo itu terdiri dari perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis yang tidak putus. Kemudian ada keberlanjutan progres pembangunan yang terus berlanjut dan tidak pernah berhenti dengan melibatkan setiap elemen bangsa.

Kemudian, pada angka 8 ada lima garis yang memiliki makna Pancasila. Sehingga, masyarakat diharapkan selalu berada di landasan nilai-nilai Pancasila dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Logo ini dipilih oleh presiden, 78 seperti ini. 78 angkanya seperti ini kalimatnya Terus melaju untuk Indonesia maju," tuturnya.

Sementara itu, Heru juga menitip pesan kepada seluruh pemangku kepentingan apabila ingin menampilkan foto Presiden Ke-7 RI dalam banner atau spanduk HUT RI dengan harus ada persetujuan dari Istana, sehingga dia meminta sebaiknya tidak ada yang menampilkan foto orang nomor satu di Indonesia itu.

"Jika ada yang ingin menampilkan wajah presiden, mohon dapat izin dari Setpres, tetapi saya sarankan tidak, saya rasa itu," ucapnya.

Lebih lanjut, Heru mengingatkan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah juga untuk memperhatikan penggunaan logo, dimana tidak boleh ada perubahan dengan menambahkan nuansa warna lain. Bahkan, tulisan pun tidak boleh ditebalkan atau berubah dari logo awal.

"Logo harus selalu ditampilkan dengan tepat dan konsisten," katanya.

Heru pun melanjutkan harapannya agar pada 15 Juli 2023, banner, baliho hingga LED logo HUT ke-78 RI sudah bisa terpasang di setiap sudut daerah di Indonesia.

"Di pertengahan Juli mulai menyemarakkan kemerdekaan dan sesuai arahan presiden, ini sudah final dan mari kita gaungkan, sosialisasikan ada tahapannya sebagaimana tahun lalu," pungkas Heru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper