Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kedubes Inggris Gelar Pesta Ulang Tahun Raja Charles

Kedutaan Besar Inggris di Indonesia bersama Misi Inggris untuk Asean menggelar King's Birthday Party (KBP) pada hari Rabu (7/6/2023).
Raja Charles III tengah memegang tongkat kerajaan yang bermahkota permata atau Cullinan I saat penobatan menjadi raja penguasa Inggris./Youtube
Raja Charles III tengah memegang tongkat kerajaan yang bermahkota permata atau Cullinan I saat penobatan menjadi raja penguasa Inggris./Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Kedutaan Besar Inggris di Jakarta dan Misi Inggris untuk Asean menggelar Pesta Ulang Tahun Raja Charles III pada hari Rabu (7/6/2023). 

Pesta Ulang Tahun Raja atau King’s Birthday Party (KBP) merupakan rangkaian dari Penobatan Raja Charles III. Seluruh duta besar Inggris di berbagai negara ikut merayakan termasuk di Indonesia.

Acara tersebut diisi dengan penampilan dari The Royal Yeomanry Military Band, pemotongan kue dan dihadiri oleh 1300 tamu termasuk para menteri, duta besar, politisi dan lainnya. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, Wakil Presiden RI ke-12 Jusuf Kalla, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sekretaris Jendral Asean Robert Matheus Michael Tene turut hadir dalam perayaan ini. 

Dalam sambutannya, Duta Besar Inggris dan Timor Leste untuk Indonesia Owen Jenkins menjelaskan mengenai pentingnya penobatan Raja Charles III dan kerjasama Indonesia-Inggris terutama dalam generasi muda, keragaman, komunitas dan keberlanjutan. Sebagaimana diketahui, empat tema tersebut merupakan tema yang sangat melekat pada Raja Charles. 

Jenkins menjelaskan mengenai kerjasama dalam mengirimkan 2.000 pelajar Indonesia ke Inggris melalui beasiswa Chevening dan mengapresiasi upaya British Council. 

Selanjutnya, Jenkins juga memberikan contoh upaya dari Inggris yakni mengenai program Akses Digital, keterampilan Inggris untuk Kemakmuran, dan kemitraan energi terbarukan, dan MENTARI.

Inggris juga memiliki kerja sama di dalam bidang keberlanjutan dan iklim. Inggris turut bangga dalam dukungannya terhadap Kemitraan Transisi Energi Indonesia Yang Adil (JETP) yang diluncurkan pada saat G20. 

Tak hanya itu, Inggris juga ingin meningkatkan kerja sama dalam perdagangan dan Investasi dengan Indonesia. Jenkins juga menjelaskan tekad Inggris untuk lebih aktif di wilayah Asean. 

“Keketuaan Indonesia di Asean tahun ini menjadi momen kunci untuk pekerjaan tersebut, dan kami berharap dapat mengembangkan kemitraan baru ini untuk mendukung sentralitas Asean, termasuk sebagai ‘Epicentrum of Growth’,” jelasnya. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutannya juga menjelaskan mengenai hubungan Indonesia-Inggris selama hampir 74 tahun yang berlangsung baik dan saling menghargai. 

Tak hanya itu, Airlangga juga mengatakan bahwa kemitraan Indonesia dan Inggris akan mencapai tingkatan baru dan dapat memberikan manfaat bagi kedua negara. 

Airlangga juga mengucapkan selamat kepada Raja Charles III serta untuk perdamaian, kemakmuran dan kemitraan yang bermanfaat antara Indonesia dan Inggris. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper