Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral Ribuan Anggota PSHT Bakal Serbu Yogyakarta Malam Ini, Belum Selesai?

Sedang viral di grup Whatsapp yang menyebut jika ribuan anggota PSHT dari berbagai daerah akan menyerbu Yogyakarta.
Kerusuhan PSHT di Klaten
Kerusuhan PSHT di Klaten

Bisnis.com, SOLO - Sedang viral di grup Whatsapp yang menyebut jika ribuan anggota PSHT dari berbagai daerah akan menyerbu Yogyakarta.

Tawuran antar dua kelompok besar, PSHT dan Brajamusti pada Senin 4 Juni 2023 lalu menimbulkan berbagai kewaspadaan dari masyarakat.

Meski petinggi kedua kelompok tersebut sudah sepakat berdamai, namun provokasi yang dilakukan di media sosial belum berhenti bahkan hingga Rabu, 7 Juni 2023 alias tiga hari pascainsiden mencekam di Tamsis Yogyakarta.

Di beberapa grup WhatsApp mencuat informasi jika ribuan anggota PSHT dari luar daerah akan menyerbu Yogyakarta melalui jalan tikus.

Tentu saja ini menyebabkan kengerian, apalagi kemarin, rombongan yang diduga anggota PSHT telah membuat keonaran di sepanjang jalan Solo-Yogya.

Beruntung, rombongan tersebut berhasil dihadang kepolisian Klaten dan ditertibkan meski harus disertai dengan kericuhan di masjia Al-Aqsha.

Berikut adalah bunyi informasi yang menyebar lewat WhatsApp yang diterima Bisnis:

Selamat malam..

INFO PENTING UNTUK WARGA YOGYA

Malam ini ribuan anggota PSHT dr luar daerah ( solo, klaten, salatiga, semarang, ungaran, klaten, wonogiri ) sedang berusaha masuk ke Yogya melalui smua jalan yg bisa tembus masuk yogya dan ada sebagian dari mereka yang terpantau berhasil memasuki Yogya, melalui jalan² tikus., karena jalan² utama di blokade aparat.

Mereka bersenjata tajam smua.

Sasaran mereka bukan lagi suporter Brajamusti namun warga yogya., sebagai buntut kerusuhan kemarin tgl 5 di area jl. Taman Siswa..

Jika malam ini mereka berhasil masuk Yogya, artinya besok siang mereka berkeliaran di Yogya, dan bisa membahayakan kita smua warga Yogya.

Mohon smuanya berhati² dalam menjalankan aktivitas.

Perhatikan benar kendaraan dg plat H, AD..

Mohon smua dpt berdoa untuk ketenangan dan keselamatan warga Yogya.

Info ini Valid.

A1

Dari aparat yg bertugas di lapangan.

Terima kasih.

Tuhan memberkati.

Hoaks

Akan tetapi, kabar tersebut ternyata hanya hoaks. Kapolda DIY Irejen Suwondo Nainggolan menjelaskan tidak ada konvoi PSHT masuk Jogja lewat jalur tikus.

“Update sampai saat ini, 6 Juno 2023 pukul 21.00 WIB tidak ada hal seperti itu, informasi tersebut tidak terverifikasi [hoaks] maka masyarakat jangan terprovokasi,” tegasnya, Selasa malam.

Meski demikian, segenap pihak akan terus melakukan penjagaan agar kerusuhan di Tamsis awal pekan lalu tidak terulang kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper