Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minsk dan Moskow Teken Dokumen Penyimpanan Senjata Nuklir Rusia di Belarusia

Rusia dan Belarusia menandatangani dokumen kesepakatan prosedur penyimpanan senjata nuklir di Belarusia.
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko./Istimewa
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu dan Menteri Pertahanan Belarusia Viktor Khrenin menandatangani dokumen kesepakatan penyimpanan nuklir pada Kamis (25/5/2023). 

Kementerian Pertahanan Belarusia melaporkan bahwa dokumen kesepakatan itu menjelaskan prosedur penyimpanan senjata nuklir Rusia di fasilitas penyimpanan khusus di wilayah Belarusia. 

“Dalam pertemuan tersebut, dokumen yang menentukan prosedur untuk menyimpan senjata nuklir non-strategis Rusia di fasilitas penyimpanan khusus di wilayah Republik Belarusia telah ditandatangani,” kata layanan pers kementerian tersebut.

Melansir TASS, Shoigu menekankan bahwa langkah-langkah yang diambil oleh Rusia dan Belarusia telah mematuhi semua kewajiban hukum internasional yang ada. 

Para menteri pertahanan membahas situasi militer dan politik saat ini serta masalah kerja sama militer dan teknis antara kementerian pertahanan kedua negara.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa, atas permintaan Minsk, Moskow akan mengerahkan senjata nuklir taktisnya di Belarusia pada 25 Maret 2023.

Kebijakan Putin tersebut sangat mirip dengan yang telah lama dilakukan Amerika Serikat (AS) di wilayah sekutunya. 

Seperti yang ditunjukkan oleh pemimpin Rusia, pembangunan fasilitas penyimpanan senjata nuklir taktis akan selesai di Belarus pada 1 Juli mendatang. 

Moskow telah memberi Minsk sistem rudal taktis Iskander yang mampu membawa senjata nuklir dan telah membantu Minsk melengkapi kembali pesawat militernya untuk membawa senjata khusus. Sementara itu, kru dan pilot rudal dari Belarusia telah menjalani pelatihan di Rusia untuk bisa mengoperasikannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper