Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jemaah Haji Kloter 1 Tiba di Madinah Besok, 4.200 Petugas Disiagakan

Jemaah Haji Indonesia tiba di Madinah, Arab Saudi pada Rabu (24/5/2023). Sebanyak 4.200 petugas yang telah tiba di Arab Saudi bersiap melayani jemaah.
Cek keberangkatan haji/Pexels
Cek keberangkatan haji/Pexels

Bisnis.com, JAKARTA — Jemaah Haji Indonesia akan mulai tiba di Madinah, Arab Saudi pada Rabu (24/5/2023). Sebanyak 4.200 petugas yang telah tiba di Arab Saudi pada Sabtu (20/5/2023) telah menempati pos tugasnya masing-masing untuk bersiap melayani para jemaah. 

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid menyampaikan bahwa pihaknya telah mempersiapkan berbagai hal dalam rangka menyambut kedatangan para jemaah haji tahun 2023. Salah satunya adalah layanan transportasi untuk mengantar para jemaah ke hotel tempat mereka bermalam di Madinah.

Akan ada sekitar 8-10 bus yang disiapkan di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA Madinah) untuk mengantar setiap kloter jemaah. 

Sementara itu,  4.200 petugas yang telah lebih dulu tiba di Arab Saudi pada Sabtu (20/5/2023) sudah menempati pos tugasnya masing-masing untuk bersiap melayani para jemaah. 

Menurutnya, akan ada dua sektor di Daker Bandara yang secara bergiliran akan memberikan layanan 24 jam dalam menyambut kedatangan jemaah haji Indonesia. 

Di Madinah, ada lima sektor wilayah perhotelan, satu sektor Bir Ali, dan satu sektor khusus Masjid Nabawi yang juga siap memberikan pelayanan, pembinaan, dan pelindungan kepada jemaah.

“Bismillah, Insya Allah PPIH Arab Saudi siap menyambut kedatangan jemaah Indonesia dan siap memberikan pelayanan kepada para dhuyufurrahman," ujarnya dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (23/5/2023).

Seperti diketahui, jemaah gelombang pertama Haji 2023 dijadwalkan mulai masuk ke asrama haji di berbagai wilayah Indonesia pada hari ini, Selasa (23/5/2023). 

Para jemaah akan mulai diberangkatkan secara bertahap pada keesokan harinya, Rabu (24/5/2023) pagi hingga malam hari. Total ada 16 kloter jemaah haji Indonesia yang akan tiba di Madinah pada hari yang sama. Adapun, jemaah dari embarkasi Jakarta-Pondek Gede (JKG) akan menjadi rombongan pertama yang mendarat di Madinah. 

“Total ada 6.383 jemaah yang berangkat dari delapan embarkasi, yaitu: Jakarta - Pondok Gede (JKG), Jakarta - Bekasi (JKS), Solo (SOC), Makassar (UPG), Aceh (BTJ), Kualanamu/Medan (KNO), Batam (BTH), dan Surabaya (SUB),” tutur Subhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper