Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Efek Kegagalan Perbankan, Tren Pekerjaan dan Rekrutmen di Eropa Berubah?

Kegagalan bank memicu adanya perubahan tren dalam industri keuangan baik dari sisi rekrutmen, pengembangan karyawan dan penyesuaian biaya pihak bank. 
Ilustrasi kegiatan perbankan. /Freepik.
Ilustrasi kegiatan perbankan. /Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA - Gejolak yang terjadi di sektor perbankan seperti jatuhnya Credit Suisse telah mengubah pekerjaan industri jasa keuangan Eropa dengan cepat.

Mengutip dari Reuters, Jumat (19/5/2023), para rekruter mengatakan bahwa bank di wilayah tersebut menggunakan kesempatan untuk menargetkan para pekerja yang terkena dampak rencana pengambilalihan bank.

Sisi lain, perusahaan rekrutmen melaporkan menerima banyak resume dari staf keuangan yang khawatir ‘digulingkan’ oleh karyawan baru.

Efek fenomena ini, Kepala Praktik Layanan Keuangan di DHR Global di New York, Jeanne Branthover mengatakan perusahaan kini dapat menemukan bakat luar biasa yang dapat direkrut.

"Ini menyebabkan perusahaan-perusahaan di Eropa mengevaluasi kembali orang-orang mereka sendiri untuk menentukan apakah mereka memenuhi standar baru bakat luar biasa yang tiba-tiba tersedia," Jelasnya.

Kemudian, kepala penawaran dan pemasaran di konsultan rekrutmen The Curve Group, Samantha Pusey, mengatakan bahwa perusahaan sedang melakukan analisis kesenjangan keterampilan, mengidentifikasi personel untuk mengejar pertumbuhan dan mencari kekurangan pada staf saat ini, dibandingkan dengan merekrut orang lain.

Direktur Operasi di Morgan McKinley, Darren Burns juga mengatakan perusahaan keuangan yang lebih kecil diharapkan mendapat manfaat dari peningkatan pencari kerja.

"Perusahaan yang lebih kecil atau kurang bergengsi itu sekarang berada dalam posisi untuk bersaing dan akan mendapatkan talenta yang kuat" jelasnya.

Jika melihat data eFinancialCareers, aplikasi peran layanan keuangan secara global naik 67 persen pada kuartal I/2023 dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu (year-on-year/yoy).

Kemudian, jika melihat dari sisi pengendalian biaya, bank yang ambisius kemungkinan akan membayar mahal merekrut orang yang terkenal dengan mengurangi peran back office atau non-klien.

Lalu, berdasarkan data, Selasa (16/5/2023), menunjukan pekerja sektor bisnis dan keuangan mengalami pertumbuhan rata-rata gaji terbesar di seluruh Inggris pada kuartal I/2023, dengan peningkatan 8,8 persen dibandingkan rata-rata 7 persen untuk pekerja sektor swasta lainnya.

Di sisi lain, untuk menarik bakat sektor keuangan global, Inggris diketahui akan membatalkan batasan bonus bank.

Sementara itu, untuk mendapatkan talenta terbaik beberapa bank melakukan pemangkasan jumlah di beberapa area untuk menekan biaya. Contohnya seperti Deutsche Bank yang menargetkan untuk memangkas 800 pekerjanya dari 87.000 pekerja, untuk mengurangi biaya dengan tambahan 500 juta euro.

Beberapa staf bank juga cenderung khawatir mengenai penularan kelemahan sistem perbankan regional AS, sehingga membuat mereka mencari pekerjaan yang lebih aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper