Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTT Asean 2023, Jokowi Ajak Para Pemimpin di Asean Naik Kapal Pinisi di Labuan Bajo

Presiden Jokowi mengajak para pemimpin Asean untuk menaiki kapal pinisi di Labuan Bajo,pada Rabu (10/5/2023) sore.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pemimpin negara Asean untuk menaiki kapal pinisi, pada Rabu (10/5/2023)./Istimewa
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pemimpin negara Asean untuk menaiki kapal pinisi, pada Rabu (10/5/2023)./Istimewa

Bisnis.com, LABUAN BAJO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pemimpin negara Asean untuk menaiki kapal pinisi, pada Rabu (10/5/2023). 

Pada awalnya, Jokowi dan Ibu Iriana menunggu rombongan para pemimpin negara anggota Asean bersama para pendampingnya tiba di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Mobil yang ditumpangi Jokowi dan Iriana memimpin mobil yang ditumpangi para kepala negara anggota Asean bertolak ke dermaga Marina menuju Ayana Lako Di'a. 

Adapun iring-iringan tersebut tiba pada pukul 16.51 WITA di lokasi bersandarnya Pinisi. Jokowi dan Iriana mengajak para pemimpin Asean untuk segera naik ke kapal. Terlihat Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah bersama putranya, Pangeran 'Abdul Mateen mengikuti di belakang, secara bergantian satu per satu pemimpin Asean naik ke bagian geladak pinisi. 

Jokowi dan Iriana menempati dua kursi yang sengaja diletakkan terpisah, sedikit ke tengah dari susunan lingkaran tadi, tepat bersinggungan dengan tiang layar utama kapal.

Selanjutnya, terlihat searah jarum jam yang duduk mengitari meja adalah Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim bersama istri Wan Azizah Wan Ismail, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. didampingi istri Louise Araneta Marcos, PM Singapura Lee Hsien Loong dan Ho Ching, serta PM Timor Leste Taur Matan Ruak bersama pendamping, dan Deputi PM sekaligus Menteri Luar Negeri Thailand Don Don Pramudwinai.

Sementara di sebelahnya duduk PM Laos Sonexay Siphandone bersama Vandara Siphandone, PM Vietnam Pham Minh Chinh, dan PM Kamboja Hun Sen yang tepat bersebelahan dengan Presiden Jokowi. 

Para delegasi Asean saling menyapa beberapa saat dalam suasana akrab setelah beberapa jam sebelumnya menjalani agenda cukup padat pada KTT ke-42 Asean 2023.

Kapal Pinisi mulai meninggalkan dermaga sekitar pukul 17.00 WITA, sedikit menjauh untuk mengejar sudut terbaik dari perairan Laut Flores di Labuan Bajo agar dapat menikmati sunset atau matahari tenggelam. 

Haluan Kapal Pinisi mulai bergerak lagi ketika para pemimpin Asean puas menyaksikan sunset

Kapten Kapal Pinisi Nasrul Djuje mengarahkan kemudi kembali menuju daratan, karena para pemimpin Asean itu masih memiliki agenda lain, menghadiri jamuan makan malam di Ayana Komodo Resort pada Rabu (10/5/2023) malam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper