Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Ma'ruf Amin Minta Perolehan Medali di Sea Games 2023 Tidak Turun

Wakil Presiden Maruf Amin meminta perolehan medali Indonesia di ajang Sea Games ke-32 di Kamboja tidak  berkurang.
Wapres Maruf Amin / Setwapres
Wapres Maruf Amin / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta perolehan medali Indonesia di ajang Sea Games ke-32 di Kamboja tidak  berkurang dibanding capaian di ajang pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara sebelumnya.

"Memang tidak boleh kurang, kalau itu (hasil medali) turun, maka prestasi kita turun," kata Wapres Ma'ruf Amin di Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Jumat.

Meski Sea Games Kamboja yang berlangsung 5-17 Mei belum dibuka secara resmi, namun sejumlah pertandingan sudah dimainkan dan per Jumat (5/5) pukul 07.00 WIB, Indonesia sudah mengumpulkan satu medali perak dan lima perunggu dan kini berada di posisi kelima klasemen medali.

Sedangkan tuan rumah Kamboja berjaya di puncak klasemen dengan total sembilan medali, dengan lima di antaranya adalah medali emas ditambah empat medali perak.

"Ya, atau mungkin orang sudah lebih maju daripada kita, oleh karenanya Sea Games ini menjadi ukurannya. Kita berharap tak turun, bahkan bisa menjadi juara umum, minimal pada posisi nomor dua atau 'runner up'," ungkap Wapres.

Wapres selaku Ketua Tim Koordinasi Pusat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) pun mengaku bahwa dalam DBON sudah ditetapkan target untuk SEA Games.

"Dan Sea Games itu atlet nasional kita, kalau tidak juara atau juara umum paling tidak 'runner up'. Kalau turun daripada itu berarti ada sesuatu yang harus diperbaiki, itu sebagai momen untuk penilaian DBON kita ada kemajuan atau tidak," tambah Wapres.

Presiden Joko Widodo pada Selasa (2/5) melepas keberangkatan 599 atlet beserta 230 pelatih dan ofisial yang akan berlaga dalam 31 cabang olahraga di Sea Games ke-32 di Kamboja

Pada saat itu, Presiden Jokowi berpesan agar tim Indonesia di Sea Games dapat memperoleh medali emas yang lebih banyak dan peringkat yang lebih tinggi dibanding capaian di Sea Games ke-31 di Vietnam dengan 69 medali emas dan berada di peringkat ketiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper