Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Spesifikasi Kapal Perusak Type 052D, Kombatan China yang Siap Diekspor ke Luar Negeri

China dikabarkan siap mengekspor Kapal Perusak Type 052D ke luar negeri.
Kapal perusak Type 052D
Kapal perusak Type 052D

Spesifikasi

Dilansir dari Navy Recignation, Kelas "Kunming" Tipe 052D (sebutan NATO: Luyang III) adalah generasi terbaru kapal perusak berpeluru kendali (DDG) Angkatan Laut China. 

Alutsista ini dibuat berdasarkan pendahulunya, Type 052C DDG dan kemungkinan memiliki lambung yang sama.

Namun Type 052D menggabungkan banyak perbaikan dalam hal desain serta sensor dan persenjataan yang pas. Kapal kelas baru ini dianggap setara dengan kapal perusak AEGIS Amerika.

Kapal perusak Tipe 052D dilengkapi dengan radar phased array generasi terbaru China. Empat susunan pada setiap kapal lebih besar (dan kemungkinan lebih kuat) daripada yang ditemukan pada kapal perusak Tipe 052C generasi sebelumnya. 

Ukuran susunan baru ini menjelaskan desain struktur jembatan yang sedikit dimodifikasi. Tipe 052D juga dilengkapi dengan meriam utama baru yang lebih besar (130mm) dan sistem peluncuran vertikal generasi baru yang mampu meluncurkan berbagai jenis rudal tidak seperti sistem peluncuran dingin melingkar yang dipasang pada Tipe 052C.

Kelas baru Penghancur yang kuat ini tidak diragukan lagi menggambarkan ambisi PLAN untuk menjadi angkatan laut air biru sejati dan kekuatan yang harus diperhitungkan di 7 lautan.

Type 052D mengusung bobot 7.500 ton (beban penuh), kapal perusak ini memiliki panjang 157 meter, lebar 17,2 meter, draft 6,2 meter dan awak 280 pelaut.

Type 052D ditujukan untuk beroperasi di laut lepas dan memiliki platform yang hampir sama dengan pendahulunya, namun dengan kemampuan yang lebih mengerikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper