Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Dzikir Sebelum tidur dan Manfaat Mengamalkannya

Bacaan dzikir sebelum tidur ini bisa kamu baca sebagai penghapus dosa. Selain itu ada banyak manfaat mengamalkan doa dzikir, simak selengkapnya.
Doa dzikir sebelum tidur
Doa dzikir sebelum tidur

Bisnis.com, JAKARTA - Membaca dzikir sebelum tidur merupakan sebuah penghapus dosa yang bisa dilakukan pada malam hari menjelang istirahat. Di waktu ini, tidak jarang banyak orang yang ingin segera beranjak ke tempat tidur dan merebahkan diri. 

Dengan segera, mata akan tertutup dan tubuh bisa beristirahat hingga beberapa jam ke depan. Tapi, tidak ada salahnya untuk berdoa terlebih dahulu sebelum istirahat dari malam hingga pagi. Membaca doa dan dzikir sebelum tidur memberikan manfaat yang besar bagi tubuh. Tidak hanya bagi tubuh, pikiran juga ikut mendapat keutamaan dari membaca dzikir sebelum tidur penghapus dosa. 

Berikut ini adalah beberapa bacaan dzikir sebelum tidur:

1. Manfaat dzikir sebelum tidur

  • Menentramkan hati 
    Dzikir dan meditasi memiliki kesamaan yaitu memfokuskan konsentrasi pada satu titik, khusus untuk dzikir satu titik yang dijadikan fokus konsentrasinya adalah Allah. Kegiatan membaca berulang-ulang merupakan salah satu kegiatan untuk berkonsentrasi. Doa merupakan salah satu bentuk dari meditasi. 
  • Dilimpahi kasih sayang Allah 
    Hal ini sudah dijelaskan dalam surat Al Ahzab, bahwa Allah memerintahkan kepada manusia untuk bertasbih kepada-Nya setiap pagi dan petang. Allah akan memberikan Rahmat kepada manusia. Seseorang yang membaca dzikir pagi dan petang, maka Allah SWT akan memintakan ampun untuknya. 
  • Diampuni dosa-dosanya 
    Dengan berdzikir, maka secara langsung akan mencegah seseorang berbuat kemaksiatan karena ia ingat bahwa Allah selalu melihat apa yang diperbuatnya. Bacaan dzikir ini sangat beragam, diantaranya kalimat thoyyibah dan kalimat istighfar. Kalimat istighfar adalah dzikir harian yang selalu dibaca Rasulullah SAW. 
  • Dijauhkan dari gangguan jin 
    Jika membacanya di pagi hari, maka ia akan terjaga dari gangguan jin hingga sore hari. Lalu jika membacanya di sore hari, maka ia akan terjaga dari gangguan jin sejak petang hingga pagi hari. 

2. Bacaan Dzikir sebelum tidur

Dzikir sebelum tidur pertama 

  • بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ اللَّهُ الصَّمَدُ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah ilah yang bergantung kepada-Nya segala urusan. Dia tidak berana dan tidak juga diperankan, Dan tidak ada  seorang pun yang setara dengan Dia.” (QS. Al-Ikhlas: 1-4)

  • بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ مِن شَرِّ مَا خَلَقَ وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb yang menguasai subuh dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita dan dari kejahatan-kejahatan wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki” (QS. Al-Falaq: 1-5)

  • بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ مَلِكِ النَّاسِ إِلَهِ النَّاسِ مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha  Penyayang. Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb manusia. Raja manusia. Sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari jin dan manusia” (QS. An-Naas: 1-6)

  • Dzikir sebelum tidur kedua 
    Siapa yang membaca ayat kursi sebelum tidur, maka ia akan terus dijaga oleh Allah dan terlindungi dari gangguan setan hingga pagi hari. (HR. Bukhari no. 3257). “Allah, tidak ada ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Nya tanpa seizin-Nya. 


Dia mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa memelihara keduanya . Dan Dia Maha Tinggi Lagi Maha Besar” (QS. Al-Baqarah: 255). 

  • Dzikir sebelum tidur ketiga 
    آَمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آَمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَالْمَصِيرُ * لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلاَّ وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَىالَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ


Artinya: “Rasul telah beriman kepada Al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (mereka menyatakan): “kami tidak membeda-bedakan antara seorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat”

  • Dzikir sebelum tidur keempat
    بِاسْمِكَ رَبِّيْ وَضَعْتُ جَنْبِيْ، وَبِكَ أَرْفَعُهُ، فَإِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِيْ فَارْحَمْهَا، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Bismika robbi wadho’tu jambii, wa bika arfa’uh, fa-in amsakta nafsii farhamhaa, wa in arsaltahaa fahfazh-haa bimaa tahfazh bihi ‘ibaadakash shoolihiin.


Artinya: “Dengan nama Engkau, wahai Rabbku, aku meletakkan lambungku. Dan dengan namaMu pula aku bangun daripadanya. Apabila Engkau menahan rohku (mati), maka berilah Rahmat padanya. Tapi, apabila Engkau melepaskannya, maka peliharalah (dari kejahatan setan dan kejelekan dunia), sebagaimana Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang shalih” (dibaca 1x)

  • Dzikir sebelum tidur kelima 
    اَللَّهُمَّ إِنَّكَ خَلَقْتَ نَفْسِيْ وَأَنْتَ تَوَفَّاهَا، لَكَ مَمَاتُهَا وَمَحْيَاهَا، إِنْ أَحْيَيْتَهَا فَاحْفَظْهَا، وَإِنْ أَمَتَّهَا فَاغْفِرْ لَهَا. اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ

Allahumma innaka kholaqta nafsii wa anta tawaffaahaa, laka mamaatuhaa wa mahyaahaa, in ahyaytahaa fahfazh-haa, wa in ammatahaa faghfir lahaa. Allahumma innii as-alukal ‘aafiyah.


Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau menciptakan diriku, dan Engkaulah yang akan mematikannya. Mati dan hidupnya hanya milik-Mu. Apabila Engkau menghidupkannya, maka peliharalah (dari berbagai kejelekan). Apabila Engkau mematikannya, maka ampunilah. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu keselamatan” (dibaca 1x) (HR. Muslim no.2712) 

  • Dzikir sebelum tidur keenam 
    اَللَّهُمَّ قِنِيْ عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ

Allahumma qinii ‘adzaabak, yawma tab’atsu ‘ibaadak.


Artinya: “Ya Allah, jauhkanlah aku dari siksaanMu pada hari Engkau membangkitkan hamba-hambaMu (yaitu pada hari kiamat).” (dibaca 1x)

  • Dzikir sebelum tidur ketujuh 
    بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوْتُ وَأَحْيَا

Bismika allahumma amuutu wa ahyaa.


Artinya: “Dengan namaMu, Ya Allah! Aku mati dan hidup.” (dibaca 1x) (HR. Bukhari no.6312 dan muslim no.2711)

  • Dzikir sebelum tidur kedelapan 
    الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَكَفَانَا وَآوَانَا، فَكَمْ مِمَّنْ لاَ كَافِيَ لَهُ وَلاَ مُؤْوِيَ

Alhamdulillahilladzi ath’amanaa wa saqoonaa wa kafaanaa wa aawaanaa, fakam mimman laa kaafiya lahu wa laa mu’wiya.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang memberi makan kami, memberi minum kami, mencukupi kami dan memberi tempat berteduh. Berapa banyak orang yang tidak mendapatkan siapa yang memberi kecukupan dan tempat berteduh.” (HR. Muslim no.2715)


Itulah beberapa manfaat dzikir pagi dan sebelum tidur serta bacaan doa dzikir yang bisa kamu amalkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper