Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Lokasi dan Cara Penukaran Uang Baru untuk Lebaran 2023

Mau tukar uang baru untuk lebaran? Ini lokasi dan cara penukarannya
Layanan mobil keliling penukaran uang baru untuk Ramadan dan Lebaran oleh Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Barat pada 21 Mei 2019 lalu. Bisnis/Noli Hendra
Layanan mobil keliling penukaran uang baru untuk Ramadan dan Lebaran oleh Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Barat pada 21 Mei 2019 lalu. Bisnis/Noli Hendra

Bisnis.com, JAKARTA - Menyambut Ramadan dan Idulfitri 2023, Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan perbankan di seluruh Indonesia dalam menyediakan layanan penukaran uang bernama SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri).

Pelayanan penukaran uang baru ini dibuka mulai 27 Maret hingga 20 April 2023.

Melansir bi.go.id, Bank Indonesia menyiapkan uang tunai sebesar Rp195 triliun untuk layanan penukaran uang baru.

Jumlah dari uang tunai tersebut naik 8,22% dari 2022 dan memiliki lebih dari 5 ribu titik, tepatnya 5.066, layanan penukaran uang. Titik pelayanan penukaran uang juga bertambah sebanyak 377 titik dari tahun sebelumnya.

Program SERAMBI merupakan kegiatan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah dan layanan kas pada masyarakat periode Ramadan dan Idulfitri 2023.

Deputi Gubernur Aida menyampaikan tiga framework BI dalam melakukan uang rupiah yang dioptimalkan menjelang hari raya.

Pertama, ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan percaya. Kedua, sistem distribusi uang yang efisien dengan layanan kas prima dan ketiga, infrastruktur. Dia juga mengajak masyarakat untuk menggunakan uang Rupiah secara bijak.

Lokasi penukaran uang di Indonesia dapat di cek di situs https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Documents/Booklet_Penukaran_SERAMBI_2023.pdf.

Tidak hanya melakukan layanan penukaran uang di perbankan, Bank Indonesia juga menyediakan opsi layanan penukaran uang melalui kas keliling pada 27 Maret sampai dengan 19 April 2023. Kas keliling yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Kas keliling di pusat keramaian (terminal, pasar, dan stasiun)

Kas keliling susur sungai (khusus Provinsi Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah) bekerja sama dengan perbankan

Untuk wilayah DKI Jakarta, BI bekerja sama dengan 16 bank wilayah DKI Jakarta untuk melakukan layanan kas keliling. Pada 3-14 April 2023, kas keliling akan tersedia di Masjid Hasyim Asya’ri, Masjid Istiqlal, Masjid At Tin, Masjid Islamic Center, dan Masjid Al Azhar.

Kemudian pada 27 Maret hingga 20 April 2023, kas keliling hadir di Pasar Kopro, Pasar Pramuka, Pasar Rawa Bening, Pasar Slipi, Pasa Koja, dan Pasar Tebet. Adapun pada 8 hingga 9 April 2023 di Parkir Timur Gelora Bung Karno.

Bank Indonesia juga menambah lokasi layanan penukaran uang di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik di Rest Area Jalan Tol di Jawa, Lampung, Palembang, Pelabuhan Merak, Bakauheuni, Ketapang, dan Gilimanuk mulai tanggal 15-19 April 2023. Untuk layanan kas keliling selain jalur mudik, masyarakat perlu memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR.

Berikut cara memesan penukaran uang di PINTAR.

1. Buka aplikasi PINTAR atau situs pintar.bi.go.id
2. Pilih menu kas keliling
3. Pilih provinsi lokasi penukaran uang yang diinginkan
4. Aplikasi dan situs akan menampilkan daftar lokasi penukaran uang yang tersedia lalu pilih lokasi dan waktu yang diinginkan
5. Isi data pemesanan meliputi NIK KTP, Nama, No. Telepon, dan Email
6. Isi jumlah uang rupiah yang akan ditukarkan
7. Lakukan pemesanan untuk memperoleh bukti pemesanan layanan penukaran uang melalui kas keliling

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper