Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gaya Santai Putin di Mariupol Ukraina Pasca-ICC Keluarkan Surat Perintah Penangkapan

Vladimir Putin mengunjungi Mariupol Ukraina sehari setelah ICC mengeluarkan surat penangkapan atas dirinya.
Presiden Rusia Vladimir Putin mengemudi saat mengunjungi Mariupol, Ukraina yang dikuasai Rusia, dalam gambar diam yang diambil dari video selebaran yang dirilis pada 19 Maret 2023. Kremlin.ru/Handout via REUTERS
Presiden Rusia Vladimir Putin mengemudi saat mengunjungi Mariupol, Ukraina yang dikuasai Rusia, dalam gambar diam yang diambil dari video selebaran yang dirilis pada 19 Maret 2023. Kremlin.ru/Handout via REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA – Ada hal mengejutkan dari aksi Presiden Rusia Vladimir Putin sehari setelah Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat penangkapan atas dirinya.

Melansir Reuters, Senin (20/3/2023), sehari setelah ICC mengeluarkan surat perintah penangkapan karena Putin dituding melakukan kejahatan perang di Rusia dalam setahun invasi ke negara yang dipimpin Volodymyr Zelensky.

Putin melakukan kunjungan mendadak dan rahasia ke Kota Mariupol, wilayah Ukraina yang diduduki Rusia pada tahun 2022.

Mariupol disebut-sebut sebagai wilayah yang mengalami kehancuran paling parah dalam setahun perang Rusia vs Ukraina.

Televisi pemerintah Rusia menayangkan rekaman panjang Putin bertemu dengan penduduk yang direlokasi dan dia diberi penjelasan tentang upaya rekonstruksi oleh Wakil Perdana Menteri Marat Khusnullin pada Sabtu (18/3/2023) malam.

Kota pelabuhan Mariupol menjadi terkenal di seluruh dunia sebagai buah bibir kematian dan kehancuran karena sebagian besar hancur menjadi reruntuhan pada bulan-bulan pertama perang, yang akhirnya jatuh ke tangan pasukan Rusia pada bulan Mei.

Ratusan orang tewas dalam pengeboman sebuah teater tempat keluarga dengan anak-anak berlindung. Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama dan Eropa (OSCE) mengatakan pengeboman awal oleh Rusia terhadap sebuah rumah sakit bersalin di Mariupol merupakan kejahatan perang. Moskow membantahnya dan mengatakan sejak menginvasi pada Februari 24 tahun lalu, pihaknya yang tidak menargetkan warga sipil.

Gaya Santai Putin di Mariupol Ukraina Pasca-ICC Keluarkan Surat Perintah Penangkapan

Presiden Rusia Vladimir Putin mendengarkan penduduk setempat saat ia mengunjungi Mariupol, Ukraina yang dikuasai Rusia, dalam gambar diam yang diambil dari video selebaran yang dirilis pada 19 Maret 2023. Kremlin.ru/Handout via REUTERS

Kunjungan Putin menunjukkan pembangkangan setelah ICC mengeluarkan surat perintah penangkapannya pada Jumat (17/3/2023), menuduhnya melakukan kejahatan perang dengan mendeportasi ratusan anak dari Ukraina.

Putin belum secara terbuka mengomentari langkah tersebut, tetapi juru bicaranya mengatakan bahwa surat perintah ICC itu secara hukum batal dan tidak berlaku.

Rusia juga menganggap pernyataan yang diajukan oleh ICC sebagai keterlaluan dan tidak dapat diterima.

Terpisah, seorang penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan kunjungan Putin ke kota yang hancur itu sama saja dengan pelaku kembali ke tempat kejadian perkara (TKP).

"Penjahat selalu kembali ke TKP," tulis Mykhailo Podolyak di Twitter.

"Ketika dunia yang beradab mengumumkan keputusan 'direktur perang' (VV Putin) jika melintasi perbatasannya, pembunuh ribuan keluarga Mariupol datang untuk mengagumi reruntuhan kota kuburan. Sinisme dan kurangnya penyesalan,” cuitnya.

Kunjungan ke Mariupol adalah yang pertama dilakukan Putin ke wilayah Donbas Ukraina yang diduduki Rusia sejak perang dimulai, dan yang paling dekat dengan garis depan.

Sementara, Zelensky telah melakukan sejumlah perjalanan ke medan perang untuk meningkatkan moral pasukannya dan membicarakan strategi.

Adapun, Putin sebagian besar tetap berada di dalam Kremlin sambil menjalankan apa yang disebut Rusia sebagai operasi militer khusus di Ukraina.

Kyiv dan sekutunya mengatakan invasi itu adalah perampasan tanah imperialistik yang telah menewaskan ribuan orang dan membuat jutaan orang mengungsi di Ukraina.

Gaya Santai Putin di Mariupol Ukraina Pasca-ICC Keluarkan Surat Perintah Penangkapan

Presiden Rusia Vladimir Putin didampingi oleh Wakil Perdana Menteri Marat Khusnullin saat ia mengunjungi Mariupol, Ukraina yang dikuasai Rusia, dalam gambar diam yang diambil dari video selebaran yang dirilis pada 19 Maret 2023. Kremlin.ru/Handout via REUTERS

Bagian dari Surga

Perjalanan Putin ke Mariupol berlangsung dalam kegelapan. Stasiun televisi pemerintah Rusia menunjukkan dia di belakang kemudi mobil, mengemudi melintasi kota ditemani Wakil Perdana Menteri Khusnullin, dan diberi pengarahan secara rinci tentang pembangunan kembali perumahan, jembatan, rumah sakit, rute transportasi, dan gedung konser.

Media pemerintah mengatakan dia mengunjungi lingkungan perumahan baru yang dibangun oleh militer Rusia, dan orang pertama yang pindah ke perumahan baru itu pada September lalu.

"Apakah kamu tinggal di sini? Apakah kamu menyukainya?," tanya Putin kepada warga.

 “Ini adalah bagian kecil dari surga yang kita miliki di sini sekarang," jawab seorang wanita sambil menggenggam tangannya dan berterima kasih kepada Putin atas "kemenangannya".

Warga telah "aktif" kembali, kata Khusnullin kepada Putin.

Mariupol memiliki populasi setengah juta orang sebelum perang dan merupakan rumah bagi pabrik baja Azovstal, salah satu yang terbesar di Eropa, tempat para pejuang Ukraina bertahan selama berminggu-minggu di terowongan dan bunker bawah tanah sebelum dipaksa menyerah.

"Pusat kota rusak parah," kata Khusnullin.

"Kami ingin menyelesaikan (rekonstruksi) bagian tengah akhir tahun, setidaknya bagian fasadnya. Bagian tengahnya sangat indah."

Mariupol berada di wilayah Donetsk, salah satu dari empat wilayah Ukraina yang sebagian besar diduduki Rusia yang dianeksasi oleh Putin pada bulan September lalu.

Gaya Santai Putin di Mariupol Ukraina Pasca-ICC Keluarkan Surat Perintah Penangkapan

Presiden Rusia Vladimir Putin mendengarkan Wakil Perdana Menteri Marat Khusnullin, yang mengepalai konstruksi dan pembangunan regional, saat ia mengunjungi Mariupol, Ukraina yang dikuasai Rusia, dalam gambar diam yang diambil dari video selebaran yang dirilis pada 19 Maret 2023. Kremlin.ru/Handout via REUTERS

Hal ini disebut sebagai ilegal oleh sebagian besar negara di Majelis Umum PBB.

Putin melakukan perjalanan ke sana dengan helikopter setelah kunjungan ke Krimea pada ulang tahun kesembilan pencaplokan daerah itu oleh Rusia dari Ukraina.

Dari Mariupol, Putin menuju ke Rostov di Rusia bagian Selatan. Televisi pemerintah pada Minggu (19/3/2023) menunjukkan dia bertemu dengan Kepala Staf Umum Valery Gerasimov, komandan upaya perang Rusia di Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper