Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Perseteruan Politik dari Cuitan Warganet Soal Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Antusiasme warganet dalam menyebarkan informasi terkini dan memberikan bantuan kepada korban kebakaran beralih menjadi siapa  sosok yang bertanggung jawab.
DAMPAK KEBAKARAN DEPO PERTAMINA PLUMPANGrnFoto udara permukiman penduduk yang hangus terbakar dampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jalan Koramil, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta, Sabtu (4/3/2023). Kejadian tersebut merenggut 14 nyawa warga dan melukai puluhan lainnya. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
DAMPAK KEBAKARAN DEPO PERTAMINA PLUMPANGrnFoto udara permukiman penduduk yang hangus terbakar dampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jalan Koramil, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta, Sabtu (4/3/2023). Kejadian tersebut merenggut 14 nyawa warga dan melukai puluhan lainnya. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Bisnis.com,JAKARTA- Perseteruan politik menggerus solidaritas warganet dalam menanggapi peristiwa kebakaran Depo Plumpang, Jakarta Utara.


Antusiasme warganet dalam menyebarkan informasi terkini dan memberikan bantuan kepada korban kebakaran beralih menjadi siapa  sosok yang bertanggung jawab di balik peristiwa kebakaran ini.


Temuan ini merupakan hasil riset terbaru Respublica Institute terkait percakapan populer warganet di media sosial Twitter. Riset ini dilakukan pada 3-6 Maret 2023 dengan menganalisis konten yang terdapat dalam  6 kata kunci yang muncul dalam daftar trending topic, yaitu Pertamina, Plumpang, Innalillahi, Ahok, Tanah Merah, dan Jakarta Utara.


“Penelitian ini menemukan 6 kata kunci dengan rata-rata  peringkat tertinggi ke-2, durasi trending topic 111 jam, peringkat harian ke-29, peringkat harian tertinggi rata-rata adalah ke-7, dan total waktu trending topic mencapai 48,5 jam dalam 4 hari, kata peneliti Respublica Institute Teguh V. Andrew, Selasa (14/3/2023).


Berdasarkan analisis terhadap keenam kata kunci, penelitian Respublica Institute juga menemukan peristiwa kebakaran di Depo Pertamina Plumpang menjadi atensi perbincangan warganet melalui kata kunci Plumpang, Pertamina, Innalillahi,  dan Jakarta Utara. 


Adapun percakapan ini terjadi pada 3-4 Maret 2023, dengan total volume percakapan mencapai 173.243 (58 persen).


Peristiwa kedua yang menjadi pusat atensi percakapan warganet adalah diskusi tentang siapa yang menjadi kambing hitam kebakaran di Depo Pertamina Plumpang.  


Peristiwa ini menjadi pusat atensi percakapan karena didukung oleh kata kunci Pertamina, Ahok, dan Tanah Merah yang terjadi pada 4-5 Maret 2023, dengan total percakapan mencapai 76.584 twit (26 persen).


Peristiwa ketiga terkait yang menjadi atensi percakapan populer warganet adalah rencana pemindahan lokasi Plumpang pasca kebakaran. Peristiwa ini menjadi atensi percakapan karena mendapat dukungan dari kata kunci Pertamina pada 6 Maret 2023 dengan total volume percakapan mencapai 48.733 (16 persen).


Sejumlah aktor, yang terdiri atas tokoh politik dan pejabat publik juga menjadi atensi percakapan populer warganet.  Pihak pertama yang menjadi pusat percakapan warganet adalah korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang.  


Aktor ini menjadi pusat atensi percakapan karena mendapat dukungan dari kata kunci Plumpang, Innalillahi, Jakarta Utara, dan Pertamina.  Seluruh kata kunci ini dipercakapkan pada 3-4 Maret 2023 dan menghasilkan volume percakapan sebesar 173.243 twit (44 persen). 

Aktor kedua dan yang paling banyak mendapatkan atensi percakapan dari warganet adalah Tokoh Politik dan Pejabat Publik. Aktor ini mendapat dukungan dari kata kunci Tanah Merah, Pertamina, dan Ahok. 


Kata kunci ini menjadi percakapan populer warganet pada 4-6 Maret 2023 dan menghasilkan volume percakapan sebesar 221976 twit (58 persen). Beberapa nama yang muncul di antaranya, Ahok, Anies Baswedan, Joko Widodo, dan Erick Thohir.


Perseteruan Politik Warganet


Percakapan populer warganet tentang muncul pertama kali pada 3 Maret 2023 malam. Pada mulanya, konteks percakapan ini adalah solidaritas sosial warganet terhadap korban peristiwa kebakaran. 


Melalui kata kunci, Plumpang, Innalillahi, dan Jakarta Utara, warganet menyebarkan informasi langsung dari tempat kejadian tentang perkembangan terkini peristiwa kebakaran.


Riset memperlihatkan  informasi yang dibagikan warganet di antaranya terkait foto kobaran api kebakaran, situasi di sekitar lokasi kebakaran, dan warga yang berupaya menyelamatkan diri. 


Warganet juga memberikan bantuan dengan menginformasikan korban kebakaran yang terpisah dengan sanak-keluarga, memperbarui jumlah korban kebakaran, dan membuka donasi untuk korban kebakaran.


Peralihan konteks percakapan dari solidaritas sosial ke perseteruan politik warganet mulai terjadi pada 4 Maret 2023. Penandanya adalah kemunculan kata kunci Tanah Merah yang diperkuat oleh kata kunci Pertamina dan Ahok pada 5 dan Maret 2023. 


Sejak saat itu warganet berupaya mencari  pihak yang bersalah  di balik peristiwa kebakaran di Depo Pertamina Plumpang.


“Pangkal perseteruan politik ini adalah pembelahan dukungan antara pihak yang pro terhadap Pertamina dan yang pro terhadap  warga.  Pihak yang pro  Pertamina menyebut peristiwa kebakaran adalah lahan milik negara yang seharusnya bebas dari pemukiman warga. Pihak yang pro warga menyalahkan Pertamina karena melanggar standar keselamatan kerja yang berujung pada kebakaran,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper