Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmikan Masjid Istiqlal Osaka di Jepang, Wapres Minta DKM Kelola secara Profesional

Wakil Presiden (Wapres) RI Maruf Amin meresmikan Masjid Istiqlal Osaka (MIO) di Jepang, Senin (6/3/2023). Wapres meminta DKM agar masjid dikelola profesional.
Wapres Maruf Amin / Setwapres
Wapres Maruf Amin / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin meresmikan Masjid Istiqlal Osaka (MIO) di Osaka, Jepang, Senin (6/3/2023). Dalam sambutannya orang ke-2 RI itu meminta Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) MIO untuk mengelola masjid tersebut secara profesional.

Apalagi, dia menyebutkan bahwa sejak zaman Rasulullah SAW, peran masjid sangat krusial bagi umat. Masjid, selain dipergunakan untuk salat, berdzikir dan beri’tikaf, juga dipergunakan untuk kepentingan ekonomi dan sosial-budaya bagi umat.

“Saya titip pesan kepada seluruh DKM Masjid Istiqlal Osaka dan badan pengelola, agar menjaga Masjid Istiqlal ini dikelola secara profesional, sehingga tetap indah, bersih, dan Makmur, demi kepentingan peribadatan dan kesejahteraan umat,” tegasnya, Senin (6/3/2023).

Selain itu, menurutnya, fungsi masjid juga makin berkembang di dunia modern saat ini, sehingga diharapkan mampu membumikan konsep ekonomi dan keuangan syariah yang merupakan salah satu prioritas kerja pemerintah.

“Saya mengharapkan masjid menjadi tempat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, baik dalam mengembangkan konsep maupun praktiknya,” imbaunya.

Wapres RI asal Tangerang ini pun menyambut baik  rencana MIO untuk membangun madrasah dan klinik, selain menjadikan MIO sebagai pusat dakwah di Jepang.

“Sehingga MIO tidak hanya megah secara fisik, tetapi turut menjadi pusat kemajuan peradaban Islam,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, dia juga mengatakan bahwa dengan berkembangnya paham-paham yang tidak sesuai dengan ajaran Islam sebenarnya, Wapres menekankan, MIO dapat menyebarkan Islam yang rahmatan lil ‘aalamiin (rahmat bagi seluruh alam).

“Saya juga harapkan MIO dapat menjadi etalase citra dan wajah Islam yang sebenarnya, yang menyejukkan, toleran, maju dan damai,” pintanya.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres RI Ke-13 ini juga menunjukkan apresiasi dan kebanggaannya atas dibangunnya masjid pertama di Jepang atas prakarsa masyarakat Indonesia.

“Alhamdulillah, saya sungguh berbahagia menyaksikan Masjid Istiqlal Osaka, sebagai masjid kebanggaan kita semua, masjid pertama dan terbesar di Jepang yang dibangun oleh masyarakat Indonesia. Saya mengapresiasi sumbangan pemikiran, material, maupun tenaga untuk mempromosikan kepentingan umat Islam di daerah Kansai ini,” imbuhnya.

Kemudian, dengan dibangunnya MOI ini, Ma’ruf menuturkan, akan menjadi jejak Islam dalam mengukir sejarah bagi masyarakat muslim di Osaka.

“Kita patut bersyukur karena masjid MIO dapat berdiri di pusat kota Osaka dengan lokasi di daerah premium kota dan mampu menampung hingga 1500 jamaah. Saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Jepang, khususnya Gubernur Osaka, yang telah memberikan dukungan atas pendirian masjid ini,” pungkas Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper