Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambo Divonis Hukuman Mati, Begini Reaksi Ma'ruf Amin

Ma’ruf Amin menanggapi putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang menjatuhkan vonis hukuman mati untuk Ferdy Sambo.
Wapres Maruf Amin / Setwapres
Wapres Maruf Amin / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menanggapi putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang menjatuhkan vonis mati untuk Ferdy Sambo.

Menurutnya, keputusan yang diberikan kepada pria yang genap berumur 50 tahun pada 9 Februari 2023 itu, merupakan hak penuh dari pengadilan, sehingga dia mengimbau agar tak ada pihak yang intervensi terkait putusan, termasuk pemerintah.

“Masalah vonis Sambo saya kira itu haknya pengadilan. Pemerintah tidak boleh intervensi. Jadi itu hak penuh pengadilan,” ujarnya dikutip melalui Youtube Sekretariat Wakil Presiden, Rabu (15/2/2023).

Sekadar informasi, saat Sambo menginjak usia setengah abad, dirinya justru mendapatkan kado vonis mati dari PN Jakarta Selatan.

Sementara itu, Putri Candrawathi divonis pidana penjara 20 tahun. Vonis hakim lebih berat dari tuntutan jaksa sebelumnya yakni delapan tahun kurungan penjara

Adapun, Bharada Richard Eliezer atau Bharada E mendapat vonis penjara 1,5 tahun dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua atau Brigadir J karena peranannya sebagai justice collabolator.

Kemudian, dua anak buah Sambo yaitu Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf, divonis berbeda. Kuat Ma’ruf divonis penjara selama 15 tahun. Sedangkan, Ricky Rizal divonis penjara 13 tahun.

Ma’ruf pun melanjutkan bahwa putusan hakim memberikan angin segar bagi masyarakat yang sempat pesimistis dengan kondisi hukum di Indonesia.

Menurut orang nomor dua di Indonesia, putusan tersebut juga mengartikan bahwa hukum di Indonesia tajam ke segala sisi.

“Saya melihat reaksi masyarakat justru [putusan] itu dianggap lebih adil. Pemerintah tidak memihak, pemerintah abstain, tidak memberikan penilaian apa-apa. Ketika itu diputuskan mendapatkan applaus, yang artinya sesuai dengan aspirasi masyarakat,” pungkas Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper