Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Spesifikasi Tank 'Bekas' Prancis yang Dijanjikan Macron ke Zelensky

Tank AMX-10 RC yang akan dipasok ke Ukraina adalah model tank ringan yang beroperasi sejak 1980-an dan sedang dihapus di militer Prancis.
Lambang Z yang ada di tank milik pasukan Rusia yang digunakan untuk menyerang Ukraina/NDTV
Lambang Z yang ada di tank milik pasukan Rusia yang digunakan untuk menyerang Ukraina/NDTV

Bisnis.com, JAKARTA - Prancis mengumumkan akan menjadi negara Barat pertama yang memasok tank ke Ukraina untuk menghadapi serangan Rusia.

Pengumuman tersebut disampaikan pada Rabu (4/1/2023) setelah pembicaraan antara Presiden Prancis, Emmanuel Macron dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Adapun tank AMX-10 RC yang akan dipasok ke Ukraina adalah model tank ringan yang beroperasi sejak 1980-an. Saat ini tank tersebut sedang dihapus di militer Prancis, seperti dilansir dari CNA, Kamis (5/1/2023).

Langkah untuk memasok tank tersebut merupakan bentuk dukungan Prancis untuk Ukraina dalam upaya melawan Rusia.

Prancis telah mengirimkan artileri canggih, pengangkut personel lapis baja, rudal anti-pesawat, dan sistem pertahanan udara ke Ukraina.

Sementara itu, Macron telah lama waspada dan memusuhi Rusia, serta memutuskan kontak diplomatik dengan Vladimir Putin.

"Presiden ingin meningkatkan bantuan ke Ukraina dengan berupaya mengirimkan tank ringan AMX-10 RC, ini adalah pertama kalinya tank-tank rancangan Barat dipasok ke angkatan bersenjata Ukraina," kata seorang pembantu pemimpin Prancis.

Sekutu NATO secara bertahap meningkatkan dukungan militer ke Ukraina sejak Februari lalu, memberikan sistem persenjataan yang semakin canggih di saat kekhawatiran risiko meningkatnya konflik dengan Moskow.

Pengiriman jet tempur, rudal jarak jauh, dan tank telah lama dianggap akan berpotensi provokatif, memicu konfrontasi antara Rusia dan Barat.

Belum diketahui seberapa banyak tank Prancis yang akan dikirim atau jadwal pengirimannya ke Ukraina, meskipun pelatihan dan pemeliharaan telah disepakati.

Kementerian Pertahanan Prancis mengatakan Menteri Pertahanan negara itu akan segera mengadakan pembicaraan.

Diketahui, tank RC AMX-10 ringan dan beroda enam, bukan di trek, dirancang untuk misi pengintaian dan telah dikerahkan dalam operasi militer luar negeri terbaru Prancis di wilayah Sahel Afrika Barat dan di Afghanistan.

Adapun Zelensky di Twitter mengatakan dirinya berterima kasih kepada Macron atas keputusan untuk mentransfer tank ringan ke Ukraina, serta pengangkut personel lapis baja Bastion.

"Terima kasih teman! Kepemimpinan Anda membawa kemenangan kami lebih dekat," kata Zelensky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper