Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

KPK Rilis Daftar 10 Desa Antikorupsi di Indonesia

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan bahwa kampanye antikorupsi di tingkat desa sangat strategis sebagai upaya pemberantasan korupsi di Tanah Air.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 01 Desember 2022  |  19:31 WIB
KPK Rilis Daftar 10 Desa Antikorupsi di Indonesia
KPK Rilis Daftar 10 Desa Antikorupsi di Indonesia. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan Desa Antikorupsi tahun 2022. Program ini merupakan puncak rangkaian tahapan pembentukan percontohan Desa Antikorupsi yang dilakukan KPK sepanjang tahun ini.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan Potensi desa sangat strategis dalam upaya pemberantasan korupsi di Tanah Air.

"Begitu strategisnya peran kepala desa dan aparatur desa, saya teringat semangat Bung Hatta yang menyebut, Indonesia tidak akan bercahaya dengan obor besar di Jakarta, tetapi akan bercahaya dengan lilin-lilin kecil dari desa,” kata Firli, dikutip dari keterangan resmi, Kamis (1/12/2022).

Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana menjelaskan, pada tahap awal, KPK melakukan observasi untuk melakukan pengecekan dan memilih desa yang akan ditetapkan sebagai percontohan.

Tahap selanjutnya, imbuh Wawan, KPK melakukan bimbingan teknis terhadap desa terpilih untuk dibentuk menjadi sebuah percontohan Desa Antikorupsi agar mampu memenuhi indikator buku panduan Desa Antikorupsi.

KPK pun melakukan tahap penilaian untuk menentukan layak tidaknya sebuah desa dinyatakan sebagai Desa Antikorupsi. Tahap penilaian ini melibatkan tim penilai dari kementerian terkait dan pemerhati antikorupsi.

“Terakhir KPK melakukan penganugerahan Desa Antikorupsi kepada Desa yang telah memenuhi persyaratan sesuai indikator Desa Antikorupsi. Dimana tahun ini kita laksanakan di Desa Banyubiru, Semarang,” terang Wawan.

Adapun, berdasarkan penilaian, Desa Banyubiru sendiri menjadi desa yang meraih skor tertinggi dalam pembentukan desa antikorupsi tahun 2022 dengan nilai sebesar 96,75.

Desa Cibiru Wetan, di Kabupaten Bandung menyusul dengan nilai sebesar 96,16; Desa Kumbang, Kabupaten Lombok dengan nilai 95; Desa Sukojati, Banyuwangi dengan nilai 93,25; Desa Kamang Hilia, Kabupaten Agam dengan nilai 93,25; Desa Kutuh, Kabupaten Badung dengan nilai 93,21; Desa Hanura, Kabupaten Pesawan dengan nilai 92,75; Desa Pakatto, Kabupaten Gowa dengan nilai 92,75; dan Desa Mungguk, Kabupaten Sekadau dengan nilai 91,39.

Adapun program Desa Antikorupsi diluncurkan karena KPK melihat besarnya dana desa yang dikucurkan pemerintah. Pada tahun ini dana desa yang disalurkan senilai Rp 468,9 Triliun. Sementara itu, data KPK sendiri mencatat sejak tahun 2015 – 2022 sebanyak 601 kasus terkait desa telah ditangani KPK dengan jumlah tersangka 686 orang.

“Korupsi merampas hak-hak kita, kita terkadang tidak menyadarinya, padahal tujuan negara akan gagal apabila kita membiarkan terjadinya korupsi. Karena itu KPK melakukan strategi pemberantasan korupsi melalui pendidikan masyarakat yang salah satunya dilakukan melalui program Desa Antikorupsi,” tutup Firli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPK desa antikorupsi
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top