Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pemerintah Kembali Giatkan Vaksinasi dan Imunisasi Dasar di Sekolah

Pemerintah akan kembali menggiatkan vaksinasi dan imunisasi dasar di sekolah. Ini alasannya.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 30 November 2022  |  15:24 WIB
Pemerintah Kembali Giatkan Vaksinasi dan Imunisasi Dasar di Sekolah
Pemerintah Kembali Giatkan Vaksinasi dan Imunisasi Dasar di Sekolah / Ilustrasi imuniasasi - Solopos
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akan kembali menggiatkan vaksinasi dan imunisasi dasar di sekolah, terutama Sekolah Dasar (SD).

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa dirinya; Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim; Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas; serta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah mengeluarkan keputusan bersama untuk mengaktifkan kembali pemberian vaksinisasi dan imunisasi di sekolah.

"Ini sekarang sedang kita giatkan kembali vaksinasi, imunisasi dasar, di sekolah ini sesudah adanya pandemi Covid. Ini adalah progres yang sudah kita lakukan," jelas BGS dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Rabu (30/11/2022).

Dia mengatakan, pandemi Covid-19 mengakibatkan penurunan pesat kepada anak-anak yang divaksin dan imunisasi dasar. BGS menjelaskan dua alasannya, selain karena sekolah yang ditutup, para tenaga medis juga lebih fokus melakukan vaksinasi Covid-19.

Bahkan, Menkes mengatakan terjadinya kasus polio di Aceh beberapa waktu lalu karena lemahnya imunisasi dasar belakangan ini.

"Maka kita harapkan di tahun ini akan ada perbaikan untuk meningkatkan kembali imunisasi dasarnya kita, imunisasi rutinnya kita," ujarnya.

Menkes menyebutkan siswa-siswi di sekolah jadi target utama imunisasi. Nantinya, data-data siswa yang diimunisasi akan dikoordinasikan ke puskesmas setempat.

Tak hanya itu, Kemenkes juga akan memasukan data vaksinisasi dan imunisasi ke sistem digital.

"Sekarang dengan adanya digital di covid, nanti akan kita masukan semua ke sistem digital secara bertahap untuk segala jenis vaksinasi dan imunisasi," ungkap Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes menkes budi gunadi sadikin vaksinasi imunisasi
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top